Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee

Studi kasus Mahasiswa Manajemen Stambuk 2020 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Authors

  • Firdiya Amiyananda Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ramadhan Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Annisa Sanny Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2439

Keywords:

Online Customer Review, Price, Shopee Marketplace

Abstract

This research aims to assess the Influence of Price and Online Customer Reviews on Purchasing Decisions for Handphones on the Shopee Platform, with a focus on Management students from Panca Budi Development University in Medan, batch 2020. The method employed is quantitative, involving 78 respondents who are consumers that have purchased phone cases online through Shopee. Data was collected through questionnaire distribution, and analysis was conducted using SPSS software version 22. The study also encompasses multiple linear regression, instrument testing, classical assumption testing, and hypothesis testing to bolster findings. The results indicate that both Price and Online Customer Reviews have significant partial and simultaneous impacts on Purchasing Decisions for Handphones on Shopee.

References

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen. Deepublish.

Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA. Solusi, 21(2), 543-554.

Guntur, Effendi M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran Membangun Citra Negara.Sagung Seto, Jakarta

Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3 . Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponogoro.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Harahap, R., & Asih, S. (2021). Analisis People, Process dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telekomunikasi di Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 552-562.

Harahap, R. (2021). Determinan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 402-409.

Ilmiyah, Khafidatul, & Indra . (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Kotler, Keller. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing (16th ed). North Carolina: Pearson Education Limited

Kotler, P., & Amstrong, G. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Melati, R. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

Octaviani, L. (2016). Fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. 04(09040564205), 1–6.

Prihantini, S., & Kamaludin, A. (2023). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Journal of Management Research and Innovation, 2(2).

Pratiwi, D. A. N. (2020). Pengaruh Promosi Online, Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(10), 1–19.

Pratiwi, Hesti Ika. 2022. Pengaruh Online Customer Review dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Warga Surabaya Timur).

Suryaningsih, I. B., Farida, L., Revanica, O., & M, A. A. K. (2019). The Effect Of Coupon Sales Promotion, Online Customer Review And Perceived Enjoyment On Repurchase Intention In e-Commerce Shopee. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(08), 435–440.

Sugiyono. (2012). Metode Pelelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sianipar, F. A. H., & Yoestini, Y. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review Dan Customer

Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6).

Swastha, Basu dan Sukotjo. (2000), Manajemen Pemasaran Modern Yogyakarta: Liberty.

Sanny, A., & Daulay, MT (2023, Agustus). Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga Chil School. Dalam Prosiding Konferensi Internasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 2, No. 2, pp. 01-15).

Published

2024-04-26

How to Cite

Firdiya Amiyananda, Ramadhan Harahap, & Annisa Sanny. (2024). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee : Studi kasus Mahasiswa Manajemen Stambuk 2020 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 222–236. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2439

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.