Pengaruh Insentif Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Selama Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Novianti Syarif Universitas Khairun Ternate
  • Amin Dara Universitas Khairun Ternate
  • Dwi Yana Amalia Sari Fala Universitas Khairun Ternate

DOI:

https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i2.1842

Keywords:

Tax Incentives, Service Quality, Vehicle Taxpayer Compliance

Abstract

The purposes of this study are: (1) To analyze the effect of vehicle tax incentives on vehicle taxpayer compliance during the covid 19 pandemic and (2) To analyze the effect of service quality on vehicle taxpayer compliance during the covid 19 pandemic. The object of this study is a vehicle taxpayer registered at the Ternate City SAMSAT office. This type of research is quantitative research. The analytical model used in this study is multiple linear regression analysis using Smart PLS.

Based on the results of the study, the results showed that (1) Vehicle tax incentives had an effect on vehicle taxpayer compliance during the covid 19 pandemic and (2) Service Quality had an effect on vehicle taxpayer compliance during the covid 19 pandemic.

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. https://core.ac.uk/download/pdf/45258621.pdf

Abigail, S. M. M. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Menyampaikan SPT Dengan Menggunakan Sistem E-Filling (Studi Empiris Pada Wajib Orang Pribadi Di Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 12–26. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/5638/4951

Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam. Jurnal Akuntansi, 13(1). https://doi.org/10.33373/mja.v13i1.1833

Ahmad, B., Romadhoni, B., & Adil, M. (2021). Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Amnesty : Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrp.v3i1.3401

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior The Theory of Planned Behavior. 50. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Aprilianti, A. A. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, Dan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotordi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.24252/assets.v1i1.21405

Arismana, Hermawan, H., & Anton. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Akutansi. https://core.ac.uk/download/pdf/80765895.pdf

Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1). https://doi.org/10.33772/jak-uho.v3i1.3773

Awaloedin, D. T., Indriyanto, E., & Meldiyani, L. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan). Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i2.950

Awaluddin, I., Nurnaluri, S., & Damayanti, W. O. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UHO, II(2). https://doi.org/10.33772/jak-uho.v2i2.2983

Cantika, H. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan Sistem E-Filling (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Jombang). Jurnal Ilmiah. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/7761/6688

Dewi, A. T. (2021). Pengaruh Program Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPT.Samsat Medan Selatan. Jurnal Ilmiah Universitas Sumatera Utara, 8–13. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/15744/SKRIPSI%25AN

Dhiwanggi, I. A. D., & Herawati, T. D. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Keadilan Pajak Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Samsat Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8077

Fadjriyati, M., & Halimatusadiah, E. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Insentif Pajak Kendaraan Bermotor terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i1.624

Ferry, W., & Sri, D. (2020). Pengaruh Pemutihan Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 53(9). https://doi.org/10.32524/jkb.v18i1.626

Hartanto, & Pramuka, B. A. (2022). Model Kepatuhan Pajak Sukarela : Insentif Pajak , Kepuasan Wajib Pajak dan Kepercayaan Kepada Otoritas. In Students Conference On Accounting and Business (SCoAB), 1(01), 422–439. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/scoab/article/viewFile/3149/2124

Herina, P., & Nensi, V. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Hubungan antara Persepsi Penerapan Sistem E-Filing dengan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Dimediasi oleh Perilaku Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama J. Profita : Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 10(2), 5–24. https://www.neliti.com/publications/236693/pengaruh-persepsi-kegunaan-dan-persepsi-kemudahan-penggunaan-terhadap-hubungan-a

Indrawati, R., & Katman, M. N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Sulawesi Selatan. At Twazun : Jurnal Ekonomi Islam, 1, 1–19. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/attawazun/index

Juliantari, A. N. K., Sudiartana, I. M., & Mahayu Dicriyani, N. L. G. (2021). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kantor samsat gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/1686

Kartiko, N. D. (2020). Insentif pajak dalam merespons dampak pandemi covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara. https://doi.org/10.31092/jpkn.v2i1.1008

Khasanah, F. N., & Rachman, A. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb. Inventory: Jurnal Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.25273/inventory.v5i1.8615

Kusuma, G. I., & Wulandari, S. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling, Tingkat Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Semarang Barat. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(4). https://doi.org/10.35145/bilancia.v5i4.1750

Mansur, F., Hernando, R., & Prasetyo, E. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM : Peran Sanksi Pajak Sebagai Moderasi. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 3(2), 278–293. https://current.ejournal.unri.ac.id/index.php/jc/article/download/278/221

Marfila, R. R., Sofianty, D., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi : Kajian Akuntansi, 20(1). https://doi.org/10.29313/ka.v21i2.4500

Mariana, L., Nasional, P. I., Miranda, Y., & Nasional, P. I. (2020). Perhitungan dan Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua ( 2 ) Merk Yamaha Pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(2). https://doi.org/10.26618/jrp.v3i1.3400

Maryana, D., & Sagala, F. L. (2019). Pengaruh Penagihan Pajak dengan Surat Teguran dan Surat Paksa terhadap Efektivitas Pencairan Tunggakan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Majalaya). Politeknik Pos Indonesia : Jurnal Akuntansi, 12(2), 1–15. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/601

Masrun. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Aplikasi Perpajakan, 1(2). https://doi.org/10.29303/jap.v1i2.9

Mindan, R., & Ardini, L. (2021). Pengaruh Pengetahun Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4478

Nafi’i, R., & Suryono, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1–14. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4003

Pratiwi, I., & Irawan, A. (2019). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1466

Puteri, P. O., Syofyan, E., & Mulyani, E. (2019). Analisis Pengaruh Sanksi Administrasi, Tingkat Pendapatan, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.163

Ratnawati, J., & Rizkyana, S. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 13, 38–49. https://doi.org/10.36694/jimat.v13i1.372

Rismayanti, N. W. I. (2021). Pengaruh Kewajiban Moral, Sosialisasi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermototr. HITA Akuntansi Dan Keuangan, Universitas Hindu Indonesia, 2. https://doi.org/10.32795/hak.v2i3.1811

Riyanto, S. H. P. A., & Andiani, L. (2021). Pengaruh Insentif Pajak PKB dan BBNKB terhadap PAD Jawa Timur di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2). https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/jmd/article/view/282

Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2). https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688

Sari, A., Emilia Gustini, E. G., & Hendarmin, R. M. R. (2021). Penerapan Kebijakan Pajak Semasa Pandemi Covid-19,Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2). https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.411

Sari, A. N. (2019). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar Terhadap Penghimpunan Deposito Mudharabah Pada PT. Bank Central Asia Syariah. UIN SATU Tulungagung.

Sartika, E. D., Afifah, N., & Sari, S. N. (2021). Pengaruh Insentif Pajak Kendaraan Bermotor Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Sulawesi Selatan. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 5(2). https://doi.org/10.25139/jaap.v5i2.4144

Siregar, N. Y. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Penerimaan Pajak Negara Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal STIE Ibmi Medan, 51(51), 1–7. https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/116

Sista, N. P. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1). https://doi.org/10.1234/jasm.v1i1.26

Susanto, A. K. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor ( Studi Pada Wajib Pajak Di Kantor Bersama Samsat Surabaya Utara ) The Influence of Tax Knowled. 5(1). https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.619

Sutisna, I. (2020). Teknik analisis data penelitian Kuantitatif. Statiska Peneltian. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/4610/teknik-analisis-data-penelitian-kuantitati.html

Suwandi, E. D. (2022). Efektivitas Insentif Pajak Dan Kebijakan Di Bidang Perpajakan Sehubungan Dengan Pandemi Covid-19. Keunis, 10(1). https://doi.org/10.32497/keunis.v10i1.3175

Syanti, D., Widyasari, & Nataherwin. (2020). Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 17. https://doi.org/10.36080/jem.v9i2.1248

Valenty, Y. A., & Kusuma, H. (2019). Determinan Kepatuhan Pajak: Perspektif Theory of Planned Behavior dan Teori Institusional. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 1(2019), 47–56. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol1.art5

Wardani, D. K., & Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus WP PKB Roda Empat di Samsat Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.253

Widiastini, N. P. A., & Supadmi, N. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 30(7), 1645–1657. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.io7.p03

Wilmart, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6365

Yasa, I. N. P., Martadinata, I. P. H., & Astawa, I. G. P. B. (2020). Peran Theory of Planned Behavior Dan Nilai Kearifan Lokal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sebuah Kajian Eksperimen. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i2.4082

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Novianti Syarif, Amin Dara, & Dwi Yana Amalia Sari Fala. (2023). Pengaruh Insentif Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Selama Masa Pandemi Covid 19. Akuntansi \’45, 4(2), 254–262. https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i2.1842

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.