Penerapan Fungsi Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja(BUMDes) Di Desa Sikara Tobata

Authors

  • Muhammad April Ryan Tawakkal Universitas Tadulako
  • Asngadi Asngadi Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.30640/jumma45.v2i1.931

Keywords:

fungsi manajemen, kinerja BUMDes sintuvu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan fungsi manajemen pada BUMDes Sintuvu mempu meningkatkan kinerja. Informan dari penelitian ini adalah Direktur BUMDes, anggota BUMDes, SDM yang ada di Desa Sikara Tobata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memperoleh dan mendeskripsikan secara rinci tentang BUMDes Sintuvu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan unit usaha baru untuk meningkatkan kinerja BUMDes dalam mengelola unit usaha yang telah tersedia dan dapat meningkat perekonomian serta dapat membuka lapangan pekerja untuk masyarakat khususnya Desa Sikara Tobata.

References

Hidayat, Y. (2016). Peran Bumdes dalam membangun kewirausahaan dan kemandirian desa (studi kasus Bumdes Mugirahayu, Desa Lebak Herang, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat). Jurnal Manajemen, 9(1), 71– 84 http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/manajemen.

(Wicaksono, Surya, & Iskandar, 2017)Rafael, U. G., Posumah, J. H., & Plangiten, N. (2018). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Mengoptimalkan Fungsi Badan Usaha Milik Desa. Di Desa Guaan Kecamataan Moaat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Administrasi Publik, 4(50), 1–8.

Rafael, U. G., Posumah, J. H., & Plangiten, N. (2018). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Mengoptimalkan Fungsi Badan Usaha Milik Desa. Di Desa Guaan Kecamataan Moaat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Administrasi Publik, 4(50), 1–8.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Muhammad April Ryan Tawakkal, Asngadi Asngadi, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Penerapan Fungsi Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja(BUMDes) Di Desa Sikara Tobata. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.30640/jumma45.v2i1.931

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.