PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, RATING DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN CASUAL PADA MARKETPLACE

Authors

  • Sonie Mahendra Universitas Esa Unggul
  • Primasatria Edastama Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317

Keywords:

Online Customer Review, Rating, Influencer, Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengeksplorasi bagaimana keputusan pembelian pakaian casual yang dipengaruhi oleh online customer review, rating dan influencer pada marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausalitas yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan metode survey sebagai teknik pengumpulan data, dengan kuesioner sebagai alat instrumen dan disebarkan secara online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 pengguna aplikasi yang sudah pernah melakukan pembelian di marketplace. Metode analisis yang digunakan adalah Structual Equation Model (SEM). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa online customer review dan rating merupakan faktor yang dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace. Sedangkan influencer tidak menjadi faktor yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace. Berdasarkan pada hasil penelitian ini marketplace perlu meningkatkan penggunaan online customer review dan rating agar mempermudah konsumen dalam mencari informasi-informasi mengenai produk. Dan sebaiknya marketplace harus lebih mempertimbangkan dalam hal menggunakan review dan rating untuk tidak hanya pada produk yang dijual saja tetapi juga dalam segi layanan. Lalu apabila marketplace ingin meningkatkan keputusan pembelian konsumennya, maka harus mempertimbangkan kredibilitas dan daya tarik (attractiveness) dalam menentukan influencer yang dipilih sehingga konsumen memiliki kepercayaan kuat terhadap informasi yang disampaikan sehingga dapat membangun keputusan pembelian.

References

Afifurrahman, M., & Saputri, M. E. (2021). PENGARUH FASHION LIFESTYLE DAN SELF IMAGE TERHADAP IMPULSE BUYING PAKAIAN THRIFTING DI KOTA BANDUNG THE EFFECT OF FASHION LIFESTYLE AND SELF IMAGE ON IMPULSE BUYING OF THRIFTING CLOTHES IN BANDUNG CITY, 8(5), 5958–5966.

Agesti, N., Ridwan, M. S., & Budiarti, E. (2021). The Effect of Viral Marketing, Online Customer Review, Price Perception, Trust on Purchase Decisions with Lifestyle as Intervening Variables in the Marketplace Shopee in Surabaya City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Volume 8(Issue 3), 496–507.

Ahmadi, H. (2018). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022

Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42

Andrew, J., & Erdiansyah, R. (2021). Analisis Pengaruh E-WOM, Online Review, dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli di Market Place Tokopedia. Prologia, 5(1), 127. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8177

Aradatin, S. A., Muslih, B., & Meilina, R. (2017). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE ( Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri ), 757–767.

Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia, 89–98.

Darwin, M. (2020). The Effect of Communication Strategy in Marketing 4.0 to Purchase Decision Through Brand Advocacy in Shopee E-Commerce. Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/482, 4(2), 375–396. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/482

Dwi Wardani, A., & Indayani, L. (2021). The Influence of Celebrity Endorser, Brand Image, and EWOM on Consumer Purchase Decisions of Sunco Cooking Oil . Academia Open, 5, 1–13. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2126

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh. (2020). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase intention more? Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

Engler, T. H., Winter, P., & Schulz, M. (2015). Understanding online product ratings: A customer satisfaction model. Journal of Retailing and Consumer Services, 27, 113–120. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.07.010

Fadillah, O. N., Putri, R. N., Cahyono, S. B., & Firmansyah, R. (2021). Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Digital Influencer : Penyebab Meningkatnya Perilaku Konsumtif Masyarakat di E-Commerce pada Era Ekonomi Digital ( Studi Kasus pada Aplikasi Instagram ), 1(8), 294–303.

Farki, A. (2016). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT PEMBELIAN PADA ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA, 1–237.

Ferdinand, A. T. (2014). Pengembangan minat beli merek ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fildzah, N. A., & Sari, D. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SWEATER ONLINE SHOP ALCO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Bisnis & Entrepreneurship, 11(2), 99–112. Retrieved from www.globalwebindex.net

Filieri, R. (2015). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), 1261–1270. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.006

Haniscara, N. A., & Saino. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli SebagaI Variabel Intervening: Studi Pada Generasi Muda Surabaya, 5, 533–543.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Jr, J. F. H., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Julianti, Y. A. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian), 8(1), 0–8.

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Kapitan, S., & Silvera, D. H. (2015). From digital media influencers to celebrity endorsers: attributions drive endorser effectiveness. Marketing Letters, 27(3), 553–567. https://doi.org/10.1007/s11002-015-9363-0

Keizers, R. (2015). The impact of Social Media and Customer Reviews on Product Choice and Customer Retention in the Netherlands, 1–15.

Khaniwale, M. (2015). Consumer buying behavior. International Journal of Innovation and Scientific Research, 14(2), 278–286. https://doi.org/10.4324/9780080941288-25

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Global Edi). Essex England: Pearson Education.

Kurnia, S. D. (2020). ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24741

Lee, E. J., & Shin, S. Y. (2014). When do consumers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers in Human Behavior, 31(1), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.10.050

Li, Y. M., Lee, Y. L., & Lien, N. J. (2012). Online social advertising via influential endorsers. International Journal of Electronic Commerce (Vol. 16). https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415160305

Mukhopadhyay, S., & Chung, T. S. (2016). Preference instability, consumption and online rating behavior. International Journal of Research in Marketing, 33(3), 624–638. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2015.11.007

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Nirmala, P., Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Islam Malang), 82–94.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21–34. Retrieved from http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/130

Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention in Indonesia Based Online Review. Icebess, 1, 255–263.

Ramadan, F., & Hafid, H. (2021). Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace, 23(3), 405–412.

Ramadhan, A. F. (2019). Pengaruh Online consumer review, Potongan Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Game pada Aplikasi STEAM.

Sarmis, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian Konsumen Pada Desa Sialang Jaya. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 9(1), 81–84.

Shimp, T. A. (2014). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion (8th Ed). South-Western College Publication.

Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Consumer Decision Process: Impact of Influencers in the Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 93(3), 14–29. Retrieved from http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=emed5&NEWS=N&AN=12656442

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. CV.

Taharu, R. V., Putra Barusman, A. R., & Saptarini. (2019). Pengaruh e-Wom dan Review Produk pada Market Place Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi Di Bandar Lampung, 8.

Thakur, R. (2016). Understanding Customer Engagement and Loyalty: A Case of Mobile Devices for Shopping. Journal of Retailing and Consumer Services, 32, 151–163. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.06.004

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Ilmiah Komputer. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 6(2).

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Sonie Mahendra, & Primasatria Edastama. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, RATING DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN CASUAL PADA MARKETPLACE. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.