Perencanaan SDM Efektif: Peran Proses Talent Management Dengan Penyesuaian Terhadap Budaya Organisasi

Authors

  • Nisifa Prila Anis Universitas Pembangunan Jaya
  • Asyila Shamara Universitas Pembangunan Jaya
  • Muhammad Fabian Universitas Pembangunan Jaya
  • Muhammad Farhan Dika Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.741

Keywords:

Perencanaan SDM, Talent Management, Karyawan, Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi.

Abstract

Dalam menjalani visi dan misi perusahaan, Perencanaan SDM memiliki peranan penting dalam mengelola Karyawannya secara efektif yaitu melalui serangkaian proses Talent Management. Pengelolaan SDM juga sebaiknya relevan dengan Budaya Organisasi yang telah ada. Hal ini disebabkan oleh adanya rutinitas dan karakteristik SDM yang telah melekat yaitu seperti Lingkungan kerja, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan komitmen SDM dalam mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu Perencanaan SDM perlu disesuaikan dengan Budaya Organisasi agar Karyawan dapat dengan mudah beradaptasi dan melaksanakan proses Perencanaan tersebut. Maka dari itu, penulis berusaha mengumpulkan sumber bukti informatif dengan sebaik mungkin dalam artikel ini untuk membahas peran proses Talent Management sebagai bentuk dari Perencanaan SDM yang disesuaikan dengan Budaya Organisasi.

References

Audia, A. N., & Silvianita, A. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap kinerja Karyawan melalui knowledge sharing sebagai variabel intervening. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2), 144-156.

Business Focus Cost Down Boost Profit. (2021, Febuari 16). Understanding Talent Management [Video]. Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=MXlSM-N8vtA

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI

Imron, I., Susanti, N., & Ariska, I. Y. (2022). Pengaruh perencanaan sumber daya manusia dan Budaya Organisasi terhadap kinerja Karyawan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten seluma. Jurnal multi disiplin dehasen, Vol 1, No 1.

Irsyad, F., Hendriani, S., & Putro, S. (2022). Analisis pengaruh Budaya Organisasi, kepemimpinan dan work life balance terhadap kinerja Karyawan kantor perwakilan bank indonesia provinsi riau. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta Vol. 17, No. 1.

Rahman, F. N., & Nugraha, H. S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap kinerja Karyawan pt. Wahana sun motor semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 128-140.

Roberto, T. (2022). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 2, No. 2.

Simarmata, et al. (2021). Perencanaan sumber daya manusia. Yayasan Kita Menulis.

Saputra, H., Soleh, A., & Gayatri, M. E. A. I. (2020). Pengaruh perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen dan penempatan terhadap kinerja Karyawan kantor perwakilan bank indonesia provinsi bengkulu. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 03, Nomor 02.

Tuala, R. P. (2020). Budaya Organisasi dan kepemimpinan di lembaga pendidikan islam. Pusaka Media

Wijaya, N. S. (2018). HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RADIO FAST FM MAGELANG.

Downloads

Published

2023-03-11