Peran Pemimpin Dalam Mengembangkan Budaya Organisasi

Authors

  • Firda Eka Zuliyatin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Heru Baskoro Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.702

Keywords:

Peran Pemimpin, Budaya Kerja 5R.

Abstract

Klinik adalah fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan medis, berupa medis dasar atau medis spesialis. Keberhasilan mengembangkan dan menumbuhkan klinik tidak terlepas dari peran pimpinan yang dapat mempengaruhi bawahannya dengan memberikan contoh positif dengan menerapkan budaya 5R supaya menciptakan lingkungan kerja secara nyaman juga aman, kemudian bisa meminimalisir terjadinya penurunan kinerja. pertunjukan. Tujuan melalui penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran pemimpin dalam mengembangkan budaya kerja 5R. Metode yang dipergunakan penulis ialah deskriptif kualitatif dalam bentuk dokumentasi, wawancara, juga observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya peran pemimpin terletak terhadap komunikasi. Komunikasi di klinik ialah unsur berpengaruh yang haruslah diberikan perhatian oleh pimpinan, dikareanakan komunikasi ialah sarana untuk pimpinan guna melaksanakan budaya 5S sesuai standar yang telah ditentukan.

References

Enny Istanti1), Bramastyo Kusumo2), I. N. (2020). IMPLEMENTASI HARGA,KUALITAS PELAYANAN DAN PEMBELIAN BERULANG PADA PENJUALAN PRODUK GAMIS AFIFATHIN. Ekonomika 45, 8(1), 1–10.

Faturahman, B. (2018). Kepemimpinan Dalam Budaya Organisasi. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1-11.

Jahja, Kristanto. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi,Resik, Rawat, Rajin), 3th ed.Jakarta: Productivity and Quality Management Consultans.

Kartini, Kartono. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kumala Dewi, Indri et al, 2022 Peningkatan Kinerja UMKM Melalui pengelolaan Keuangan,Jurnal Ekonomi Akuntansi , UNTAG Surabaya, Hal ; 23- 36

Michalska, D. Scewieczek (2007). The 5S methodology as a tool for improving the organisation. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering.

Osada, Takashi. (2011). Sikap Kerja 5S Cetakan Kelima. Terjemahan oleh Mariani. Jakarta: Gandamihardja.

Prihantoro, Kasih, Pramono, Budi et all. 2021. Tourism Village Goverment Program, Caractized By State Defence As The Economic Foundation Of National Defence, International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), Vol. V, Issue V, Page 197-2001.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Diterjemahkan oleh: Diana Angelica ed.12. Jakarta: Salemba Empat.

Royan, Frans M. (2009). Distributor ship Management. Cara Cerdas Mengelola dan Memberdayankan Distributor. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

SIEN Consultant. (2012). 5S. Jakarta. http://sienconsultant.com/5s.html, diakses tanggal 28 Desember 2015.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinanan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-02-27