Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Jaringan Pemasaran Sweet Banana Di Kota Palu

Authors

  • Magdalena Palny Ma’dika Universitas Tadulako
  • Erwan Sastrawan Universitas Tadulako
  • Suryadi Samudra Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.700

Keywords:

Digital Marketing, SWOT Analysis, STP Marketing Strategies

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital. Tak terlepas bagi para pelaku usaha yang baru. Sweet Banana menggunakan alat analisis SWOT dan strategi pemasaran STP untuk menentukan segmentasi, target dan posisi produk melalui analisis SWOT dengan pemanfaatan digital marketing. Tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan digital marketing untuk memperoleh pasar yang lebih luas di Kota Palu sehingga dapat menghasilkan keuntungan untuk keberlanjutan usaha Sweet Banana. Teknik analisa data yang digunakan adalah mastriks SWOT serta strategi pemasaran STP. Hasil dari penelitian adalah pemanfaatan digital marketing memberikan dampak positif pada pengembangan jaringan pemasaran usaha Sweet Banana dibuktikan dengan perolehan omset melebihi target yang ditentukan

References

Andriana, A. N, Hijrah, Lailatul, & Putri, D. A. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jmm.

Astuti, Miguna, & Agni, Rizkita Amanda. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Fadly, H. D, & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global.

Fitri Kusuma, Diana, & Syahriar Sugandi, Mohammad. (2018). Strategi Pemanfaatn Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi.

Hendrawan, Hengky. (2021). Analisa Swot Dan Stp (Segmentasi, Tertarget, Posisi) Terhadapstrategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Bunda Culinary. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen.

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip—Prinsip Marketing. Salemba Empat.

Kurniawan, A, & Asharuddin, M. (2020). Small An Medium Enterprises (Smes) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal Of Economics And Business.

Purwana, E. S, Dedi, Rahmi, & Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani.

Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Uin Sunan Ampel Surabaya.

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis Swot: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating Dan Ocai. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Jurnal.

Taqiyya, Rahmah, & Riyanto, Sugeng. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea.

Thomas, W. L, & Scarborough, N. M. (2016). Pengantar Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis Kecil. Pt. Indeks.

Xu, M, David, J. M, & Kim, S. H. (2018). The Fourth Industrial Revolution: Opportunities And Challenges. International Jurnal Finance.

Downloads

Published

2023-03-31