PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BESI BAJA PADA PT.MARELAN ANUGRAH PERKASA

Authors

  • Dinda Gustiara Universitas Potensi Utama
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.656

Keywords:

Produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, proses, dan keputusan pembelian

Abstract

Baja merupakan elemen penting dalam dunia konstruksi. Berbagai jenis dan bentuk yang dapat digunakan sehingga sekarang sudah tidak terpaku lagi hanya pada elemen kayu ataupun beton sebagai salah satu bahan dasar konstruksi. Hasil dari analisis penelitian yang dilakukan dengan alpha 5% menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier berganda secara parsial variabel tempat berpengaruh positif dan siginifikan terhadap layanan keputusan pembelian, namun variabel harga, variabel produk, variabel promosi, variabel orang, variabel proses dan variabel bukti fisik tidak berpengaruh terhadap layanan keputusan pembelian. Secara simultan atau bersama-sama antara variabel produk,harga,tempat,promosi,orang,bukti fisik dan proses berpengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji T bahwa faktor prodok sebesar -1.355, faktor harga sebesar -1.467, faktor tempat sebesar 2.244, dan faktor promosi sebesar 1.630 faktor orang sebesar -1.580 faktor bukti fisik sebesar -1.066 dan faktor proses sebesar 1.247 Sebagaimana tabel diperoleh Fhitung sebesar 2.938>Ftabel 2.08. Variasi faktor oleh variabel independen produk,harga,tempat,promosi,orang,bukti fisik dan proses secara simultan mampu menerangkan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,89% sedangkan sisanya sebesar 91,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.



 

References

Aditya Surya Purnomo. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse.” Univesitas Muhammadiyah Malang 8–26.

Beyhaki, dkk. 2017. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Daihatsu Xenia Periode Januari ± Desember 2014 pada PT Daihatsu Jolo Abadi Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 51(2):93–99.

Citra Puspita Sari, dkk. 2020. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk ( Studi Kasus Pada Industri Tahu Dadi Jaya Di Boyolali Tahun 2020 ).” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi 8(2):49–60.

Gunawan, Go Liana Chayani. 2020. “Bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 5.

Kurnia Febriansyah. 2021. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen di Kopi Studio 24 Malang.” Jurnal Institut Bisnis dan Informatika.

Moh Ferry Aghanta (2016) pengaruh harga,promosi dan desain produk terhadap minat beli sepeda motor yamaha

Mutia Tri Yulianti, dkk. 2022. “Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Daya Saing pada Rumah Sakit Muhammad Husni Thamrin Cileungsi Mutia.” HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings) 2(2):504–11.

Nuri Mahdi Arsyanti, dkk. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi pada Toko Online Shopastelle , Semarang ).” Diponegoro Journal of Management 5:1–11.

Nursanti. 2018. Pengaruh Penerapan Aplikasi Elektronik Faktur Pajak (E-Faktur, E-Billing) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Subulussalam.

Puji Isyanto, dkk. 2020. “Marketing Mix in an Effort to Increase the Interest of Students to Choose the University of Buana Perjuangan (UBP) Karawang through Competitive Advantage.” A multifaceted review journal in the field of pharmacy 11(1):606–11. doi: 10.5530/srp.2020.1.76.

sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-02-16