Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama)

Authors

  • Reza Alfarozi Ritonga Universitas Potensi Utama
  • Taufiq Risal Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.643

Keywords:

Free Ongkir, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel free ongkir dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa universitas potensi utama. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Pada teknik analisis data yang digunakan penulis adalah menggunakan uji statistik deskripti, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa secara parsial Free Ongkir  mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kemudian pada variabel kualitas produk dapat diketahui bahwa secara parsial Kualitas Produk tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena Kualitas Produk tidak memenuhi kriteria Thitung > Ttabel. Secara simultan dapat dikatakan bahwa variabel Free Ongkir (X1) dan Kualitas Produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Jurusan Manajemen Stambuk 2018.

 

 

 

References

Ahmad Faisal (2017). Indikator Kepuasan PelangganPT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Assauri (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kualitas Produk.

Buchari Alma (2018). Teori Pemasaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buchori dan Djaslim (2019). Teori Perencanaan PemasaranJakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fandy Tjiptono (2018) Teori Kepuasan Pelanggan Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Handoko (2018). Defenisi Pemasaran Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Handoko (2018). Defenisi Kualitas Produk Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Himayati, (2018). Defenisi Free Ongkir Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Kotler dan Keller (2017). Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Amstrong (2018) Defenisi Harga Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Kotler (2018). Defenisi Pemasaran Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta. Kotler.

Kotler, Armstrong. 2018, “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2018.Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2018). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2.Jakarta: PT. Indeks.

Laras Sati, (2021).Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Shopee terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Batang hari. ISSN 2657-1633 (Online), DOI 10.33087/sms.v3i2.110.

Maghfiroh.(2021).Pengaruh Free Ongkos Kirim Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa FEBI Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Akademik 2016-2017 UIN SMH Banten).

Downloads

Published

2023-02-15