PENERAPAN DINAR DAN DIRHAM SEBAGAI ALTERNATIF STANDAR MONETER INTERNASIONAL : SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Novita Hannum Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fika Nurtivanny Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M Luthfi Perdana Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M Rayhan Kamil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairina Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i3.511

Keywords:

dinar dan dirham; keunggulan dinar dan dirham; standar moneter         internasional; flat money

Abstract

Artikel ini membahas dan menjelaskan masalah dan batasan yang terkait dengan penggunaan emas (dinar) sebagai komponen sistem moneter global. Meskipun ada banyak dukungan dari banyak pihak di akhir 1990-an, kemajuannya lambat sejak saat itu. Para sarjana Islam sepakat bahwa sistem moneter saat ini, yang menggunakan uang fiat, tidak adil, dan bahwa sistem baru yang bebas riba harus ditetapkan. Jika sistem saat ini diganti dengan yang baru, negara-negara yang kuat dalam sistem uang fiat, terutama yang memegang mata uang utama dunia, akan menderita kerugian ekonomi dan politik yang signifikan. Secara politis, mereka kehilangan pengaruh dan hegemoni atas negara-negara lain, dan secara ekonomi, mereka kehilangan manfaat dari proses revolusi dan pendapatan bunga. Mereka menentang gagasan menggunakan emas karena ini. Artikel ini, yang merupakan tinjauan literatur, menjelaskan dengan sangat rinci tentang manfaat dinar dan dirham.

 

References

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54.

Harahap, Darwis. “Analisis Stabilitas Dinar Emas Dan Dolar AS Dalam Denominasi Rupiah.” Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah 6, no. 2 (2014): 269–282.

Hasan, Asyari. “Dilema Penerapan Emas (Dinar) Sebagai Mata Uang Internasional: Studi Atas Politik Moneter Dunia.” Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum 51, no. 2 (2017): 404.

Jannah, Nurul. Ekonomi Moneter Dan Keuangan Islam. Medan: FEBI UINSU, 2020.

Kalsum, Ummi. “Fiat Money Dalam Perspektif Ekonomi Dan Hukum Islam.” Al-‘Adalah 12, no. 2 (2014): 427–436.

Muklisin, Muhammad. “Ikhtiar Menjadikan Dinar-Dirham Sebagai Mata Uang Di Indonesia.” Equilibrium 1, no. 2 (2013): 262.

Noviyanti, Ririn. “Dinar Dan Dirham Sebagai Alternatif Mata Uang: Sebuah Tinjauan Literatur.” FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2017): 181.

Shifa, Mutiara, Alfi Amalia, M.Shabri Abd.Majid, and Marliyah. “Penggunaan Mata Uang Dinar Dan Dirham Sebagai Solusi Prediksi Krisis Moneter Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 4, no. 6 (2022): 2323.

Teguh, Harrys Pratama, and Ersi Sisdianto. “Penggunaan Mata Uang Dinar Dan Dirham Sebagai Solusi Atas Krisis Ekonomi Global.” REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam 1, no. 2 (2020): 132.

Downloads

Published

2022-12-21