PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERANGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Riska Dwi Amelia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hesty Ervianni Zulaecha Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sigit Budi Santoso Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i3.432

Keywords:

Sales Growth, Leverage, Profitability, Firm Size, and Firm Value.

Abstract

This research was conducted to determine the effect of company growth, leverage, profitability, and company size on company value in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2018–2021 period. The study population was 39 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) with a study period of 4 years. The sample selection method is purposive sampling and there are 8 companies that match the sample criteria. The data analysis method uses panel data and ordinary least squares (OLS). The results of hypothesis testing show that partially Firm Growth has a negative and significant effect on firm value, Leverage has a negative and significant effect on firm value, Profitability has a negative and significant effect on firm value, and Company Size has a positive and significant effect on firm value. Simultaneously there is a significant influence of company growth, leverage, profitability, company size on firm value.

 

 

References

Astutik, D. (2017). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Industri Manufaktur). Jurnal STIE Semarang, 9(1).

Eka, H. (2018). Corporate finance and firm value in the Indonesian manufacturing companies. Business Studies, 11(2), 113–127.

Febrianti, M. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Industri Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 14(2), 141–156.

Hasibuan, V., Ar, M. D., & Endang, N. G. W. (2016). Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2015). Brawijaya University.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh profitabilitas, size terhadap nilai perusahaan dengan sruktur modal sebagai variabel intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2).

Mandalika, A. (2016). PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, STRUKTUR MODAL, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA SEKTOR OTOMOTIF. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).

Mulyanto, D. N. (2021). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan DIviden, Profitabilitas dan Perputaran Modal Kerja terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694.

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 183–196.

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). 253133-Pengaruh-Kebijakan-Dividen-Likuiditas-Pr-3Fa88Dfa. Akuntansi, 5(7), 4044–4070.

Rudangga, I., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(5), 253779.

Santoso, B. A., & Budiarti, A. (2020). Profitabilitas Sebagai Mediasi Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 45–57.

Setyani, A. Y. (2018). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 14(1), 15–24.

suwardika dan mustanda. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Umumnya suatu perusahaan akan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya , baik tujuan jangka panjang misalnya mampu meningkatkan nilai perusahaan dan mensejahterakan pemegang saham. 6(3), 1248–1277.

Umbung, M. H., Ndoen, W. M., & Amtiran, P. Y. (2021). Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 10(2), 211–225. https://doi.org/10.37932/ja.v10i2.387

Yusmaniarti, Y., Setiorini, H., & Pitaloka, L. (2020). Influence Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Indonesia. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(4), 406–418.

Downloads

Published

2022-12-09