Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO di Dancell Pare

Authors

  • Fuad Hasan Universitas Islam Kadiri
  • Anwar Bowo Leksono Universitas Islam Kadiri
  • Suseno Hendratmoko Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.410

Keywords:

Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO di Dancell Pare. Adapun variabel penelitian ini adalah Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka dan kuesioner. Sedangkan analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji t dan uji F. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan seluruh konsumen Dancell Pare yang berjumlah 47 orang.

Hasil penelitian ini menggunakan program SPSS 22.0 dengan menggunkan taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 dengan hasil (1) secara parsial Kualitas Produk berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan 0,030 < 0,05 yang berarti Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. (2) secara parsial Harga berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. (3) secara simultan Kualitas Produk dan Harga berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Pembelian nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ha3 diterima dan Ho3 ditolak.

References

Anugrah, Janwar. (2016). “Pariwisata, Vol. III No. 1 April 2016.” Janwar, Anugrah III(1):60–72.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arianto, Nurmin, and Adzmi Fahmi Albani. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange.” Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) 1(3):1–14. doi: 10.32493/frkm.v1i3.2545.

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grapindo.

Gain, Robert, and dkk. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 2(2):142–50.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multi Variate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Habibah, Ummu. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura.” 1(1):31–48.

Kotler, Philip. (2011). Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ke-1. Jakarta: Erlangga.

Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Bilson. (2011). Memenangkan Pemasaran Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Dewi, Satrijo Budi Wibowo, and Juli Murwani. (2013). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Pada Industri Kerajinan Kulit ‘Figha’ Magetan.” Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan 2(2):85. doi: 10.25273/jap.v2i2.1201.

Swastha, Dharmmesta Basu dan Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. (2015). Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-12-05