Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store Di Sukoharjo

Authors

  • Rahayu Pancaningsih Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Shalli Habiibika Baaq Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Risqa Nurul Latifah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ananda Nur Wahit Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Mellyza Dwi Handayu Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Erlin Rahmawati Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Vanya Divka Putri Maharani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Monica Farissa Zain Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Aris Prio Agus Santoso Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.408

Keywords:

Teknologi Internet, Bisnis, Penjualan, Toko Online, Media sosial

Abstract

Teknologi yang semakin maju memudahkan masyarakat dalam beaktivitas tanpa khawatir pada batasan apapun dengan jangkauan yang lebih luas. Teknologi internet yang melahirkan sosial media memiliki pengaruh positif terutama pada aspek bisnis seperti pemasaran dan penjualan, salah satunya pada penjualan produk Kumara Store di Jarakan, Mandan, Sukoharjo yang memanfaatkan sosial media online shop sebagai pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif fenomenologi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dengan langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan Subjek penelitian adalah pemilik Online Shop Kumara Store di Sukoharjo. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk- produk kecantikan pada Kumara Store di Sukoharjo. Hal itu disebabkan karena sistem pemasaran digital menyediakan platform jual beli secara daring sehingga memudahkan proses pemesanan serta pembelian dan juga pembeli dapat berinteraksi dengan pemilik Online Shop Kumara Store di Sukoharjo tanpa harus melakukan transaksi secara langsung.

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F., & Cahyaningrum, I. (2020, April). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SIDOKUMPUL, KABUPATEN GRESIK.

Adani, M. R. (2020, November 19). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis.

Alrivando, D., Elmanda, N. N., Wahyuningtyas, R. D., Utami , F. P., Alviantoro, I., Rifki , M. A., et al. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran dalam Menunjang Peluang.

Kussudyarsana, L. R. (2020, Juni). PENGARUH MEDIA SOSIAL ONLINE DAN MEDIAPROMOSI OFFLINE TERHADAP PEMILIHAN MEREKPRODUK SKINCARE DAN KLINIK KECANTIKAN. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 22, 1-11.

Meidasari M,S.E.,M.M, E., & Hasbullah,S.E.,M.M. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PROMOSI SECARA ONLINE PADA UWAIS COLLECTION DI BANDAR LAMPUNG.

Ningsi, W. P., & Ekowati, S. (2021, Juli). PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTHTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS, 2, 50-57.

Ramadhan, F. H. (2017, Oktober ). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @MR.CREAMPUFF SEBAGAI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. (n.d.).

Ramadhan, F. H. (2017, Oktober ). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @MR.CREAMPUFF SEBAGAI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. (n.d.).

Utami, S. N. (2021). Penjualan: Pengertian Para Ahli, Bentuk, Jenis, dan Tujuannya. ZAHIRA,S. E. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING PADA BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR (Studi kasus pada social media Instagram).

Downloads

Published

2022-12-05