MBKM Membangun Desa : Meningatkan Perkembangan UMKM dengan Literasi Digital di Desa Neglasari
DOI:
https://doi.org/10.30640/digital.v4i1.3941Keywords:
Digital Literacy, MBKM, MSME Development, StuntingAbstract
This research aims to implement the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membangun desa program through improving digital literacy in Neglasari Village, Majalaya District, Bandung Regency. The program focuses on assisting MSMEs in utilizing digital platforms for product marketing and education on stunting prevention. The implementation method includes community needs surveys, training module development, and field coordination. The results showed an increase in knowledge and skills of MSME actors in creating digital promotion content and public awareness about stunting. This program is expected to increase MSME income and the quality of life of the village community.
References
Aditya, R., & Wulandari, S. (2023). Pengaruh literasi digital terhadap pengelolaan bisnis UMKM di era digital. Jurnal Bisnis Digital, 8(2), 88-94.
Alifianto, F. M. S., Firdaus, A. P., & Cahya, D. (2024). MBKM membangun desa: Peningkatan kualitas hidup bersih terhadap kondisi psikologis kelurahan Sumur Batu Bantar Gebang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 135.
Dwanoko, Y. S. K. B., & Firdaus, M. R. (2022). Implementasi MBKM dalam bentuk pelatihan e-commerce. Jurnal ABM-Mengabdi, 09(01), 60-69.
Fadilah, S., & Herawati, T. (2023). Pelatihan e-commerce untuk UMKM di kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 35-43.
Fitriana, D., & Kurniawan, M. (2024). Pengaruh digitalisasi dalam meningkatkan kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 10(3), 118-125.
Hidayat, N., & Rahman, D. (2020). Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui digitalisasi. Jurnal Administrasi Publik, 14(1), 45-60.
Juwna, D. R., & DKK. (2023). Ceting: Peran mahasiswa dalam pencegahan stunting dan penurunan stunting. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Kurniawan, R., & Setiawan, B. (2021). Pelatihan penggunaan media sosial untuk pemasaran UMKM. Jurnal Pengembangan UMKM, 9(4), 67-75.
Mardiana, T., & Idris, A. (2022). Program edukasi digital marketing untuk pelaku UMKM di Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 7(1), 50-58.
Mukhtar, A. K. D., & DKK. (2024). Digitalisasi UMKM melalui literasi digital dan digital marketing dalam meningkatkan kualitas produk dan volume penjualan. Journal of Community Development, 5(2).
Pratama, R. A., & Siregar, M. F. (2021). Pelatihan digital marketing sebagai upaya meningkatkan penjualan produk UMKM. Jurnal Teknologi dan Pengembangan, 12(4), 23-30.
Saputra, A. F., & Yanti, R. (2021). Pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kapasitas UMKM. Jurnal Pengembangan Ekonomi, 6(2), 12-19.
Tanjung, A., & DKK. (2023). Optimalisasi penggunaan teknologi berbasis digital pada UMKM di Penjaringansari melalui G-Two Socialization dan Rebranding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Wahyuni, L., & Pratama, D. (2023). Penggunaan digital marketing untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global. Jurnal Pemberdayaan Digital, 5(1), 25-32.
Zulkarnain, M., & Ningsih, R. (2022). Peningkatan literasi digital bagi UMKM di Kabupaten Bandung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(3), 101-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.