Pengaruh Strategi Promosi Produk Menggunakan Facebook terhadap Keputusan Pembelian

Studi Kasus pada Unit Usaha Klinik Tani di Kelurahan Suryawangi

Authors

  • Nova Hari Santhi Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan Muhammadiyah Selong
  • Kholidatul Umam Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v4i1.3780

Keywords:

Product Promotion Strategy, Facebook, Purchasing Decisions

Abstract

This research is entitled The Influence of Product Promotion Strategies Using Facebook on Purchasing Decisions (Case Study of the Tani Clinic Business Unit in Suryawangi Village). This research aims to determine the influence of product promotion strategies using Facebook on purchasing decisions (case study at the Tani Clinic Business Unit in Suryawangi Village). This research uses quantitative methods. The sample in this study was 96 respondents using a rating scale for two variables: Product Promotion (X) and Purchase Decision (Y). The research results show that the average score for variable X is 3.86 and for variable Y is 3.94, which indicates a good category. Data analysis using the t test shows a t value of 12,178 which is higher than t table 1,660 at a significance level of 0,000, so that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted, indicating that there is a significant influence of product promotion on purchasing decisions. The correlation coefficient R is 0.612 and explains the percentage influence of the independent variable (product promotion) on the dependent variable (purchasing decisions) of 61.2% of the variation in purchasing decisions. The research results show that product promotion via Facebook has a positive and significant influence on purchasing decisions at the Tani Clinic, Suryawangi Village.

References

Adumayanti, R Siregar. 2018. Pengertian Strategi.

Afdal, M., & Candra, R. 2021. Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Awal Penyakit Kulit Dermatofitosis. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 103-108.

Ainia, N. S. N., & Lutfi, L. 2019. The influence of risk perception, risk tolerance, overconfidence, and loss aversion towards investment decision making. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 21(3), 401–413

Amalana A. 2022. Pengaruh Promosi Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Mediasi Minat Beli Pada E-Commerce shopee. Skripsi PROGRAM Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Devi. 2023. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Followers Instagram @Wardahbeauty Dalam Pembelian Produk Wardah. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fauziah, A. R. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Samsung Di Counter Sep (Samsung Excellent Partner) Hacom Itc Surabaya. Stie Mahardhika.

Jannah, Miftahul, dkk, 2022, Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee, Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 10, No. 13

Khoziyah S., dan Lubis E. E. 2021. Pengaruh digital marketing terhadap Keputusan. Pembelian followers online shop instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 10 No. 1

Kristanti Puji Winah Jurini. 2003. Melakukan Promosi Penjualan. Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional 2003.

Mardiana D., dan Sijabat R. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Sekretari dan Manajemen. Volume 6 No. 1.

Mulyansyah G. T. 2021. Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Volume 9 No 1

Natasya C. A., Isyanto P., dan Yani D. 2023. Promosi Marketing Pada Butik Cheryl Collection. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol.3, No.3

Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. Volume 1, Nomor 2

Pratiwi A. G., Saputra B., dan Sanjaya V. F. 2022. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Baju Ershop Di Kelurahan Endang Rejo. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi (MEKA). Vol 3, No 1

Rahmat. Jabri U., dan Firdayanti. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 37 Tungka Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan (ISSN 2548-8201 (cetak); (ISSN 2580-0469 (online).

Raudhatul Athfal. 2017. Variabel Penelitian. ISSN: 2338-2163 - Vol. 05, No. 02 Juli-Desember 2017

Salim A. S., Munzir, Rahmat Z. 2022. Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Kepramukaan Di Sman 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Volume 3, Nomor 1.

Sanaky M. M., Saleh L., M., dan Titaley H. D. 2021. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik VOL 11, NO. 1.

Sasono E., dan Rahayu P. 2022. Pengaruh E-Marketing Terhadap Volume Penjualan Umkm Kerupuk Usek di Kelurahan Kasepuhan Kabupaten Batang. Jurnal Stie Semarang. VOL 14 No 2

Siti Khoziyah, E. E. 2021. Pengaruh Digital Marketinng Terhadap Keputusan Pembelia Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection.Ilmu Komunikasi, Vol. 10 No. 1, 39-50

Soetanto J. P., Septina F., dan Febry T. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 5, Nomor 1

Suharsono R. S., dan Sari R. P. 2019. Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan

Syaharullah., Yahya M., dan Syarif A. 2021. Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 12, No. 2

Trimulatsih, E. M. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Pengguna Sepeda Motor Honda Di Cakung). Diperoleh dari http://repository.stei.ac.id/id/eprint/5272

Downloads

Published

2025-01-13