Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di SMP IT Izzuddin Palembang

Authors

  • Ndari Eka Pratiwi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Air Sugihan
  • Dian Robbian Madrasah Aliyah Negeri 2 Ogan Komering Ilir,

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.369

Keywords:

Kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas layanan jasa Pendidikan (tangible, reliability, assurance) terhadap kepuasan pelanggan (2) menganalisis pengaruh kualitas layanan jasa Pendidikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalotas pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah siswa SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi survey dengan teknik analisis data berupa regresi linier ganda dan regresi linier sederhana. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP IT Izzuddin Palembang pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 133 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 100 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui pengumpulan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan jasa Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hipotesis kedua, yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan jasa Pendidikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya, hasil hipotesis terakhir yaitu tidak terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di SMP IT Izzuddin Palembang.

References

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Bungin, M. B. (2005). Metodology Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Ranedamedia Group.

Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler P. & Keller K. L. (2016). Manajemen Pemasaran: Edisi Keduabelas, terj. Benjamin Molan. Jakarta: Indeks.

Machali, I. & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Pranadamedia.

Umar, Husein. (2001). Riset Pemasaran dan Perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wirawijaya R. (2012). Rela Bayar Rp 9,9 Juta Demi Sekolahkan Anak. Tribun Sumsel. Tersedia dalam www.sumsel.tribunnews.com

Downloads

Published

2022-11-30