Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan di Pancing

(Study Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2021)

Authors

  • Muamar Rinaldi Universitas Negeri Medan
  • Endang Endang Universitas Negeri Medan
  • Fera Daniaty Nababan Universitas Negeri Medan
  • Fransiska Adelia Br Sinulingga Universitas Negeri Medan
  • Putri Titin Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Rafli Ramli Universitas Negeri Medan
  • Samuel Tobing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v3i4.3472

Keywords:

Customer Satisfaction, Purchasing Decisions, Mie Gacoan

Abstract

This research aims to analyze customer satisfaction with purchasing decisions at Mie Gacoan Pancing, especially among Economic Education students class of 2021, Medan State University. Using literature review and interview methods, this research evaluates factors such as product quality, price and service that influence customer satisfaction. The findings show that product quality, especially the taste and texture of the noodles, is the main attraction, while the affordable price supports the preferences of students on a limited budget. However, service quality is still a challenge, such as irregular queues and unfriendly staff attitudes. High customer satisfaction contributes to repeat purchase decisions and word-of-mouth recommendations, while dissatisfaction can reduce customer loyalty. This research underlines the importance of improving service and maintaining consistent product quality to improve customer experience and support business sustainability in the culinary sector.

References

Abdullah. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ahmad Musyrif Yusril Fahmi, A. Q. (2022). Analisis pelaksanaan sistem manajemen mutu dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Gerai Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Ilmiah, Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(12). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.476

Alma, B. (2014). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Berlian Hema Kusumawardani, A. A. (2023). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Mie Gacoan Magelang. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan. https://doi.org/10.55047/transekenomika.v3i1.358

Bilal Achmad Zaki Ramadhan, D. S. (2023). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan di Mie Gacoan Kartasura. Academica, 7(2).

Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen pemasaran. Denpasar: Fakultas Universitas Udayana.

Dea Tasa Pebriantika, U. P. (2022). Pengaruh harga, cita rasa, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan di Karawang. Mirai Management, 7(3), 255-262. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.4589

Gamalael, K. P., Frilyaningrum, A., & ... (2022). Konsep dan strategi pemasaran diperlukan untuk menyikapi persaingan bisnis perusahaan.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk lipstik Pixy. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 8(2), 1–10. http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/30

Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di restoran Mie Gacoan Cabang Semarang. SEIKO: Journal of Management & Business.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-dasar pemasaran (12th ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (12th ed., Vol. 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Lupiyoadi. (2015). Manajemen pemasaran jasa (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Nardo, L., & Prasetiyo, B. (2022). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada dealer CV. Supra Jaya Motor Cianjur.

Saputro, P. K., & J. I. (2021). Manajemen pemasaran: UBHARA. Surabaya.

Soedibjo, B. (2013). Pengantar metode penelitian. Bandung: Universitas Nasional Pasim.

Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran: Teori dan implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Taryono. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Mie Gacoan. Journal of Islamic Business Management Studies.

Tjiptono, F. (2015). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Viana, E. O., & Hartati, R. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Downloads

Published

2024-12-04