PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT : Literature Review

Authors

  • Rhaina Al Yasin UPN Veteran Jakarta
  • Nadya Salsabila UPN Veteran Jakarta
  • Ummi Rahma UPN Veteran Jakarta
  • Novita Dwi Istanti UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.338

Keywords:

Kepuasan pasien, mutu pelayanan, rawat jalan rumah sakit

Abstract

Mutu pelayanan merupakan indikator penting bagi rumah sakit sebagai alat untuk mengukur kualitas dan keberhasilan pelayanan melalui kepuasan pasien. Pelayanan rawat jalan menjadi salah satu pelayanan yang ada di rumah sakit dimana pasien melewati serangkaian observasi untuk menentukan diagnosis sehingga bisa dilakukan upaya rehabilitatif tanpa perlu dirawat di tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh dari mutu pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jurnal terdahulu dalam rentang waktu 5 tahun terakhir. Sumber yang diambil tidak hanya berasal dari jurnal nasional, tetapi juga jurnal internasional dengan menggunakan Bahasa Inggris yang kemudian disaring sesuai dengan kriteria tertentu.. Berdasarkan hasil dari 8 jurnal yang dianalisis, terdapat beberapa indikator mutu pelayanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, serta bukti fisik. Hasil analisis jurnal dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas mutu pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Semakin baik kualitas mutu pelayanannya, maka akan semakin baik pula respon yang diberikan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Salah satu dampak positif dari hal ini yaitu berupa loyalitas pasien untuk selalu berobat ke rumah sakit yang sama karena kualitas mutu yang baik.

References

Aisyah, R. P. & Wahyono, B. (2021). Mutu Pelayanan Kesehatan Setelah Persalinan Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pelayanan Ibu Nifas. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(2), 282–290. doi: https://doi.org/10.15294/ ijphn.v1i2.45446.

Alfiana, A. T. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Tingkat IV Kota Madiun Tahun 2019. In Society, 2(1).

Astari, R. Y. (2020). Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan (D. Novidiantiko (ed.); 1st ed.). Deepublish.

Birwin, A. et al. (2020). Service Quality And Outpatient’s Factors, Affecting Their Satisfaction At The B Hospital In Indonesia. International Journal of Management (IJM), 11(12), 2366–2373. DOI: 10.34218/IJM.11.12.2020.223.

Damayanti, M., Jati, S. P. & Arso, S. P. (2017). Analisis Permintaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R.Soetijono Blora. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(1), 85–94. doi: https://doi.org/10.14710/jkm.v5i1.14969.

Depkes RI. (1994). Buku Pedoman Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit (Konsep Dasar dan Prinsip). Dirjen Pelayanan Medik.

Eliana & Sumiati, S. (2016) Kesehatan Masyarakat. 1st edn. Indonesia: Kemenkes RI. Available at: https://eprints.triatmamulya.ac.id/1397/1/73. Kesehatan Masyarakat.pdf.

Giovanis, A. et al. (2018). Assessing service quality and customer behavioral responses in hospital outpatient services: A formative measurement approach’, International Journal of Quality and Service Sciences, 10(2), 98–116. doi: https://doi.org/10.1108/IJQSS-03-2017-0023.

Habibi, A., Hakim, F. & Azizi, F. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Minat Rawat Jalan Di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 4(2), 11–21. doi: DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2411.

Hartawan, I. M. P. S. & Zaini. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram Tahun 2022. NUSADAYA JOURNAL OF MULTIDICIPLINARY STUDIES, 1(2), 22–26. https://ejurnal.aarsmataram.ac.id/index.php/njms/article/view/12.

Hasibuan, S. A., Zulfendri & Aulia, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Penyakit Dalam RSUD Dr. Djoelham Binjai’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Jambi. 3(1), 24–30. DOI: https://doi.org/10.22437/jkmj.v3i1.7473.

Hu, L. et al. (2019). Outpatient Satisfaction with Tertiary Hospitals in China: The Role of Sociodemographic Characteristics. International Journal of Environmental Research and Public Health. 16(19), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph16193518.

Kosnan, Wilhelmina. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA). 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538

Peranginangin, S. A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan Tahun 2017. Jurnal Berkala Kesehatan. 3(1), 78–85. http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v3i2.5072.

Purwata, K. D., Wijaksono, M. A. & Alawiyah, T. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Menggunakan Dimensi Mutu Pelayanan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit: Literature Review. Proceeding of Sari Mulia University Nursing National Seminars. 2(1), 142–156. Available online at : https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROKEP/article/view/191.

Quyen, B. T. T., Ha, N. T. & Minh, H. Van (2021). Outpatient Satisfaction With Primary Health Care Services In Vietnam: Multilevel Analysis Results From The Vietnam Health Facilities Assessment 2015. Health Psychology Open. 8(1), 1–11. doi: https://doi.org/10.1177/20551029211015117.

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). ‘=Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116-126. Available online at : http://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JKP/article/view/317/169

Taekab, A. H., Suryawati, C. & Kusumastuti, W. (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 31–40. DOI: https://doi.org/10.14710/jkm.v7i1.22843.

Umar, H. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Penerbangan Low Cost Carrier. Jurnal Manajemen Transportasi. 1(2), 127–138. DOI: http://dx.doi.org/10.54324/j.mtl.v1i2.13.

Zebua, M. S. E., Fitria, D. & Sulisna, A. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Ulang Kembali Pasien Umum Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Sundari Medan. Jurnal Rekam Medic, 4(2), 104–116. DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i2.5076.

Downloads

Published

2022-11-28