EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL SIKLUS PENDAPATAN PADA TOKO TELAVIV FACTORY OUTLET (TFO)

Authors

  • Venisia D. Hooliando Universitas Pattimura Ambon
  • Dessy J. Haluruk Universitas Pattimura Ambon
  • Novry Makmara Universitas Pattimura Ambon
  • Stovia S. Lerebulan Universitas Pattimura Ambon
  • Yohanes Niklerek Universitas Pattimura Ambon
  • Michel Z. Manuhutu Universitas Pattimura Ambon
  • Fadila Basahona Universitas Pattimura Ambon
  • Yoan Andris Universitas Pattimura Ambon
  • Raynaldy Seleky Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i3.1293

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi [ SIA ], Siklus Pendapatan

Abstract

Telaviv Factory Outlet (TFO) merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di industri fashion yang menjual berbagai kebutuhan pokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ancaman dan pengendalian internal yang terkait dengan operasi siklus pendapatan Telaviv Factory Outlet (TFO). Penelitian yang dilakukan ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan siklus pendapatan di Telaviv Factory Outlet (TFO) menyangkut beberapa kegiatan bisnis yaitu pendaftaran penjualan, pengiriman, dan faktur. Dokumen aliran pendapatan yang digunakan oleh Telaviv Factory Outlet (TFO) adalah dokumen yang membuktikan penerimaan barang dan pembayaran. Siklus pendapatan yang diterapkan Telaviv Factory Outlet (TFO) masih memiliki yaitu kekurangan pencatatan yang masih dilakukan secara manual.

References

Romney, Marshall B; Steinbart, Paul John. (2018). Accounting Information System. USA: Pearson Education.

Romney, M.B dan Steinbart P.J (2009) Accounting Information System, New Jersey: Prentice Hall.

Gracia, M. M., & Tirayoh, V. Z. (2016). Evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi atas siklus pendapatan pada PT. PLN (PERSERO) area manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Wahidin, W. I. W. (2021). TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN DI RUMAH SAKIT BERSALIN JEUMPA PONTIANAK. JURNAL ACITYA ARDANA, 1(2), 200-203.

Kalumata, Novita, Grace B. Nangoi and Robert Lambey. “Evaluasi pengendalian internal sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Malalayang Manado. “ Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi 12.2 (2017).

Downloads

Published

2023-06-28