Manajemen Perubahan Dalam Mengembangkan Kualitas Pada Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Muthia Risti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nuri Aslami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i3.1283

Keywords:

Manajemen Perubahan, Pengembangan Kualitas, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Di tengah perkembangan zaman dan pesatnya arus percepatan teknologi, madrasah dituntut untuk selalu siap meningkatkan kualitas lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen mutu perubahan yang mengacu pada siklus PPEPP yang meliputi penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan penetapan sebagai strategi menghadapi perubahan menuju peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan kajian pustaka berdasarkan kondisi realistik di lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan mutu di Madrasah Tsanawiyah sebagai madrasah berkemampuan teknologi yang dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan berbasis teknologi serta prestasi dan penghargaan yang diraih madrasah selama proses perubahan.

References

Amatul, Amatul. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah6, no. 1 (2021): 65–82.

Amrullah,Aziz.“Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Studi Islam10, no. 2 (2015): 1–14.

Apud, Apud. “Manajemen Mutu Pendidikan MAN Insan Cendekia.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan4, no. 02 (2018): 171–190.

Arifin, Zainur,danSani Rahmawati.“Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Berbasis Pesentren.” Jurnal Ilmiah 8, no. 2 (2022): 218–231.

Barnawi, Barmawi,dan M.Arifin.Sistem Penjamin Mutu Pendidikan(Bandung: Ar-Ruzz Media, 2017).

Dhuka,Moh. Nur.“Perencanaan Strategis Mutu Pendidikan Agama Islam.” Journal of Industrial Engineering & Management Research3, no. 5 (2022): 287–298.

Hambali, Muh,dan Mualimin.Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer: Stategi Pengelolaa dan Pemasaran Pendidikan Islam di Era Industri 4.O, 2020.Hasnadi,Hasnadi.“Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan)6, no. 2 (2021): 143–150.

Herawan,Endang.“Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep dan Aplikasi.” Jurnal Administrasi Pendidikan13, no. 1 (2011): 1–9.

Herdi, Herdi, M.Fadhly Abbas Abbas, dan Destina Kasriyati.“Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Sistem Pengelolaan Microteaching dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP).” Jurnal Pendidikan9, no. 1 (2021): 11–21

Downloads

Published

2023-06-27