POLA KOMUNIKASI EDUKASI PENGHIJAUAN GUNA MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN MELALUI MEDIA HIDROPONIK

GREENING EDUCATION COMMUNICATION PATTERNS TO IMPROVE FOOD SECURITY THROUGH HYDROPONIC MEDIA

Authors

  • Ratna Setyarahajoe Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Bhayangkara Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.229

Keywords:

Edukasi, Ketahanan Pangan, Media Hidroponik, Pola Komunikasi

Abstract

Desa Sedati Gede, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur memiliki potensi sumberdaya perairan, khusunya tambak dan pemancingan. Selain dikenal sebagai wilayah pesisir yang kaya dengan sumber daya laut,  di desa ini juga masih banyak area persawahan. Dengan jumlah 3.943 keluarga banyak yang berprofesi sebagai buruh swasta, jasa lainnya dan petani. Kondisi masyarakat desa saat ini yang bekerja di perusahaan sebagai buruh swasta dan jasa lainnya sedang mengalami masalah perekonomian yang disebabkan oleh pekerja yang dirumahkan atau bahkan diberhentikan (PHK) akibat pandemic Covid-19.  Pengabdian Kepada Masyarakat yang kami laksanakan ini berupaya membantu mewujudkan program ketahanan pangan dengan media hidroponik (tanpa pestisida) guna memenuhi kebutuhan bahan sayuran yang tidak hanya bisa dikonsumsi sendiri tetapi juga bisa dijual guna meningkatkan perekonomian keluarga. Jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan hidroponik adalah sayuran dan buah buahan yang ukurannya tidak besar atau tidak berupa pepohonan, yaitu kangkung, bayam, pakcoy dan selada air.  Metode pendekanan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan menerapkan pola komunikasi secara formal dan persuasi guna memberikan edukasi dan pemahaman tentang proses penamanan sampai dengan pemanenan. Hasil pendampingan pelaksanaan program ini dapat  memberdayakan warga desa Sedati Gede untuk bercocok taman sayuran dengan media hidroponik sehingga  dapat memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian keluarga.

References

Arif, S., (2021). KKN Mahasiswa Untag Surabaya 2021 Budidaya Tanaman dengan Metode Hidroponik, Kompasiana.com/saitularif5752/

Elfrian, (2019). KWT Mekar Tani Mengikuti Pelatihan Hidroponik dari Mahasiswa KKN-PPM UMBY. [Online] Available at: kompasiana.com/elfrian/.

Endang Trihastuti, Aseline., (2019). Komunikasi Internal Organisasi (p.34). Yogyakarta: Deepublish (CV. Budi Utomo).

Fahmi Rustam, Muh., (2021), Smart Monitoring Hidroponik Bernasis Internet Of Things, JCIS , 4(2),52-53.

Kecamatan Sedati Dalam Angka (2021), BPS Kabupaten Sidoarjo, (p.11). Sidoarjo: , CV. Insert Coin

Roidah, (2014). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. `Jurnal Bonorowo, 1(2), pp. 43-50.

Silviani, Irene., (2020), Komunikasi Organisasi (p.98). Surabaya: Media Pustaka

Susilawati, (2019). Dasar-Dasar Bertanam secara Hidroponik. (pp.42-47). Palembang: Universitas Sriwijaya Press.

Syardiansyah, (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB, 7(1), 57-68.

Virmadika, W., (2017). Perancangan Buku Wisata Sedati dengan Teknik Fotografi sebagai Upaya Destinasi Wisata Sidoarjo. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika STIKOM.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Ratna Setyarahajoe. (2022). POLA KOMUNIKASI EDUKASI PENGHIJAUAN GUNA MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN MELALUI MEDIA HIDROPONIK: GREENING EDUCATION COMMUNICATION PATTERNS TO IMPROVE FOOD SECURITY THROUGH HYDROPONIC MEDIA. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58–67. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.229

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.