ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, E-COMMERCE, DAN MODAL USAHA DALAM KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA (Studi pada anggota HIPMI PT Kota Semarang)

Authors

  • Nita Kusumawati Universitas Dian Nuswantoro
  • Entot Suhartono Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

Strategy Formulation, Organizational Commitment, Leadership Style, GCG Implementation, Islamic Commercial Banks.

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia yang semakin buruk semenjak pandemi Covid-19 berdampak pada banyaknya tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan ditambah dengan tenaga kerja baru yang belum mendapat pekerjaan karena banyak perusahaan berhenti berusaha. Hal ini menambah tingkat pengangguran terbuka hingga mencapai 7,07% pada awal tahun 2020 dan mulai turun menjadi 5,18% di tahun 2021 seiring dengan semakin baiknya pandemi dan pulihnya perekonomian. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat pengangguran adalah dengan menciptakan lapangan kerja melalui berwirausaha terutama dikalangan anak muda, serta ditunjangan dengan pemanfaatan kemajuan teknologi e-commerce dan sistem informasi akuntansi (SIA). Penelitian ini bertujuan untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi calon wirausaha muda mengambil keputusan untuk berwirausaha. Faktor-faktor pada penelitian ini adalah Pemanfaatan e-commerce, Fasilitas Sistem Informasi Akuntansi, dan Modal Usaha. Sampel responden pada penelitian ini sebanyak 169 yang berasal dari anggota 5 (lima) HIPMI Perguruan Tinggi Kota Semarang, yaitu Undip, Unnes, Unisbank, Upgris, dan Udinus. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan pada anggota HIPMI Perguruan Tinggi. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif jawaban responden, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce dan SIA berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha. Sedangkan modal usaha tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha.

References

C. Nurlaila and H. Fitriyah, “Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Modal Usaha Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Untuk Berwirausaha,” Bus. Econ., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019.

H. F. N. and Y. Syahfrudin A., “Analisis Pengaruh E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” Ris. Manaj. Dan Akunt., vol. 11, p. 24, 2020.

I. A. Anugrah and I. T. Prianthara, “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” J. Ilm. Akunt. Bisnis, vol. 3, p. 198, 2018.

D. Agusmiati and A. Wahyudin, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 3, pp. 878–893, 2019.

E. R. L. Sari and D. Pravitasari, “Pengaruh Persepsi E-Commerce, Modal Usaha, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Keputusan Berwirausaha di Pandemi Covid-19,” Own. Ris. Dan J. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 2953–2964, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i3.868.

F. Tambunan, “Pengaruh Modal Usaha terhadap Sikap Berwirausaha dan Peran Orang tua sebagai Variabel Moderating,” J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrep., vol. 12, no. 1, pp. 115–128, 2022.

M. K. Dewi and N. L. S. Widhiyani, “The Influence of Self Efficacy, E-Commerce and Entrepreneurial Education in Decision Making for Entrepreneurs (Case Study of Accounting Major Students),” Int. J. Manag. Commer. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 124–131, 2021.

Nurabiah, H. P., and Y. M., “E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha,” JAA, vol. 5, no. 2, pp. 238–253, 2021.

R. Saragih, “Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial,” J. Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 26–34, 2017.

R. Romindo et al., E-Commerce Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis, 2019.

D. M. A. Akbar and S. N. Alam, E-Commerse Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis, 2020.

K. C. Laudon and C. G. Traver, E-Commerce 2016 business, tecnology, Sociey, 12th ed. England: British Library Cataloguint-in, 2017.

F. Kosadi, R. C. Jaya, and D. Hamdani, “Intensi adopsi e-commerce dan aplikasi sistem akuntansi,” J. Akunt. Aktual, 2021, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jaa/article/view/17964

M. Romney, Sistem Informasi Akuntansi, 13th ed. Jakarta: Salemba Empat., 2017.

E. Sirait and A. A. D. Setiyoningru, “Pengaruh Modal Usaha dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Kemaritiman di Masa Pendemi Covid-19,” J. Ekon. Sos. Hum., vol. 3, no. 5, pp. 87–98, 2022, [Online]. Available: https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/690

L. B. Mardani and E. Suhartono, “Analisis Pengaruh Sistem Informasi Keuangan Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah,” J. Ilmu Manaj. dan Akunt. Terap., vol. 10, no. 2, pp. 177–188, 2019.

U. Sekaran and R. Bougie, Research Methods For Business : A Skill- Building Approach. John Wiley & Sons, 2016.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, 2017.

A. I. Rahmansyah and D. Darwis, “Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Internal Terhadap Penjualan (Studi Kasus: Cv. Anugrah Ps),” J. Teknol. Dan Sist. …, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/388

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Nita Kusumawati, & Entot Suhartono. (2022). ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, E-COMMERCE, DAN MODAL USAHA DALAM KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA (Studi pada anggota HIPMI PT Kota Semarang). Akuntansi \’45, 3(2), 130–140. Retrieved from https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/339

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.