Transformasi Toko Kelontong Konvensional Menjadi Toko Kelontong Masa Kini Pada SRC Tata di Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.720Abstract
The purpose of this case was to find out how to Tata's grocery store changed to Sampoerna Retail Community (SRC). Find out what applications have been provided by PT HM Sampoerna for retail stores in attracting people to shop for their daily needs so that Sampoerna Retail Community (SRC) Tata can compete with other MSMEs.
This type of research uses qualitative research by selecting Sampoerna Retail Community (SRC) Tata and 3 informants who are considered to have opinions and information regarding the Transformation of Conventional Grocery Stores into Today's Grocery Stores at SRC Tata in Bandar Lampung. Data collected in the form of: Documentation and in-depth interviews with informant source.
The results of this case to tell that Sampoerna Retail Community (SRC) is a program launched by PT HM Sampoerna Tbk to assist and foster retailers in managing their stores in developing digitalized businesses to overcome high competition between MSMEs, which is the first in Medan in 2008 and then in 2017, Toko Tata joined Sampoerna Retail Community (SRC) until now using applications (Come on SRC Shop, Come on SRC Grocery, Come on Cashier and Pojok Pay) made by SRC himself.
References
Zhou.2006. Perkembangan Ekonomi Digital
dalam UMKM.Jurnal Unissula.Jawa Tengah.
Zaeny.2005.Transformasi Sosial dan Gerakan
Islam di Indonesia.Jurnal
IAIN.Surabaya.
Akbar, Dendy Syaiful .2018.Penerapan
Format Akuntansi Sederhana Pada Toko Kelontong.
Seminar Nasional.Bandung.
Odekamaru, Juliam C.2019. Analisis
Preferensi Konsumen Millennial Dalam Berbelanja Di Toko Konvensional, Department Store Dan E-commerce.Jurnal.Sulawesi Utara.
Kadek Mery Chelviani, Made Ary Meitriana,
Iyus Akhmad Haris.2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurnal.Bali.
Hasan, Muhammad.2021.Transformasi Digital
UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara.Jurnal. Jakarta Timur.
Sari, Windy Selvina.2021.Analisis Model
HM Sampoerna TBK, di Kabupaten Jember.Skripsi.Jawa Timur.
Kristian Susilo, David.2022.Eksplorasi
Strategi bauran Ritel terhadap Sampoerna Ritel Community di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.Jurnal.Jawa timur.
Wahyuningtiyas R, Windari HW, Utomo
B.2021.Pentingnya Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada SRC Gurda Kencana (Studi Kasus Pada UMKM).Jurnal.Bali
Diana, Jenni.2021.Strategi Komunikasi Bisnis
SRC COACH PT. HM SAMPOERNA TBK dalam Mengembangkan Brand Equity Melalui Program Usaha SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY (OUTLET) Kepada Konsumen di Pekan Baru.Skripsi.Riau
Sadewo, Naufal Falih.2020.Analisis
Efektivitas Inovasi Digital SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Kelontong di Kecamatan Medan Johor.Skripsi.Medan.
Barusman, Andala Rama P. SE.,
M.A.Ec.2013. Buku Panduan Penelitian Dosen : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung.Buku.Bandar Lampung.
Ardansyah.,SE.,MM.2021.Sebuah Kajian
Mengenai Bina Lingkungan. Buku.Bandar Lampung.
Dr. Alex Tribuana Susanto, S.T.,
M.M.2011.Jurnal Manajemen dan Bisnis.Jurnal.Lampung
Levy,Weitz.2012:35.https://journal.stieken.ac.i
d/index.php/penataran/article/view/465.Diakses pada tanggal 14 September 2022.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008
Tentang UMKM.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun- 2008.Diakses pada tanggal 14 September 2022.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor
Pasal 1 ayat 5 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar.
Soliha, Euis.2008..Analisis Industri Ritel di
Indonesia.Jurnal Bisnis dan Ekonomi.Vol.15.No 2.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Octian, Ardito Wahyu .2022.Apa itu Toko
Kelontong.Dalam dari
https://mitra.bukalapak.com/artikel/ap
a-itu-toko-kelontong-116025/.
Diakses pada tanggal 14 September
Farah. 2022. Apa itu SRC Sampoerna dan
Keuntungan Menjadi Mitra SRC. Dalam dari https://www.myjourney.id/apa-itu-src-sampoerna/. Diakses pada tanggal 25 Februari 2022.
Daengs, G. S. A., Istanti, E., Negoro, R. M. B.
K., & Sanusi, R. (2020). The Aftermath of Management Action on Competitive Advantage Through Proccess Attributes at Food and Beverage Industries Export Import in Perak Harbor of Surabaya. International Journal Of Criminology and Sociologi, 9,
–1425.
Iwa Soemantri, Asep et al. 2020. Entrepreneurship Orientation Strategy, Market Orientation And Its Effect On Business Performance In MSMEs. Jurnal EKSPEKTRA Unitomo Vol. IV No. 1, Hal. 1-10.
Rina Dewi, et al. 2020. Internal Factor Effects
In Forming The Success Of Small Businesses. Jurnal SINERGI UNITOMO, Vol. 10 No. 1, Hal. 13-21.
Enny Istanti1), Bramastyo Kusumo2), I. N.
(2020). IMPLEMENTASI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMBELIAN BERULANG PADA PENJUALAN PRODUK GAMIS AFIFATHIN. Ekonomika 45, 8(1), 1–10.