Penerapan Akuntansi: Tinjauan Pada Klinik Kecantikan

Authors

  • Ahmad Hadiyan UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sri Adella Fitri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Ramadanis Ramadanis UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Afrinaldi Afrinaldi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • AdeYulia Putri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Alia Fatma Tanri Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Mega Rahmi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Nita Fitria UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Annisa Putri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Cesy Anggraini Putri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Khairul Marlin UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Rita Masdar UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i1.716

Keywords:

perusahaan jasa, proses pencatatan, laporan keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini dialkukan adalah agar dapat menganalisis dan memahami tentang sistem proses pencatatan akuntansi beserta laporan keuangan yang digunakan pada perusahaan klinik kecantikan. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan Muslimah Bauty & Spa yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana penelitian ini cenderung menggunakan analisis. Hasil yang didapat setelah melakukan obserfasi dan wawancara kepada pihak perusahaan adalah penerapan akuntansi pada perusahaan ini belum dilakukan dengan lengkap, dan masih dilakukan secara manual. Proses pencatatan yang telah dilakukan memiliki kelemahan mulai dari mengolah data transaksi, yang mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam melakukan pencatatan sampai ke penyusunan laporan keuangan yang akan dipergunakan oleh pihak terkait.

References

Faiz Zamzami, N. D. N. (2016). Akuntansi Pengantar 1. Gajah Mada University, 2.1.

Fuentes, M. M. M. (2017). Analisis Struktur Kovarian Indeks Terkait Kesehatan untuk Lansia di Rumah, Berfokus pada Perasaan Subjektif tentang Kesehatan. 1–14.

Hanggara, A. (2019). Buku Pengantar Akuntansi. CV. Jakad Publishing.

Hutagaol, R. M. N. (2012). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi, 1(2), 57–62.

Kosanke, R. M. (2021). “Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Penjualan, Dan Persediaan Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Pada Klinik Kecantikan ‘Delovely’ Surabaya.”

Nuralifah, E. G., Sukawati, R., & Hariman, I. (2021). Aplikasi Pencatatan Pendapatan Jasa Dan Penjualan Produk ( Studi Kasus : Klinik Kecantikan Queensha , Bandung ). 7(6), 3119–3123.

Patricia, P. (2012). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pada Klinik Perawatan Wajah Dan Tubuh Dr.Rina Djijo.

Rahayu, R. S., Sharif, O. O., Telkom, U., Fasilitas, J., & Privasi, T. (2019). Analisis Customer Value Index Dalam Memilih Klinik Kecantikan Di Indonesia Customer Value Index Analysis In Choose Beauty Clinic In Indonesia. 6(1), 31–38.

Semiawan, P. D. C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Soemohadiwidjojo, A. T. (2017). Kpi Untuk Perusahaan Dagang - Arini T. In Raih Asa Sukses.

Stevanus, R., & Wijaya, A. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi Pada Klinik Kecantikan “X” Riky Stevanus Adi Wijaya. 2(1), 1–10.

Sudarman, L., & Karmoto. (2019). Buku Ajar Dasar-Dasar Akuntansi. Deepublish.

Suhendar. (2020). Buku Pengantar Akuntansi (1st Ed.). Penerbit Adab (Cv. Adanu Abimata).

Warren, C. S., Reeve, J. M., Duchac, J. E., Wahyuni, E. T., & Jusuf, A. A. (2017). Buku Pengantar Akuntansi 1 Adaptasi Indonesia (4th Ed.). Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Ahmad Hadiyan, Sri Adella Fitri, Ramadanis Ramadanis, Afrinaldi Afrinaldi, AdeYulia Putri, Alia Fatma Tanri Sari, … Rita Masdar. (2023). Penerapan Akuntansi: Tinjauan Pada Klinik Kecantikan. Akuntansi \’45, 4(1), 136–142. https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i1.716

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.