Perspektif Dan Minat Mahasiswa Akuntansi Gen Z Terhadap Profesi Akuntan Publik
DOI:
https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v6i1.4222Keywords:
Public accountant, Generation Z, Accounting StudentsAbstract
This research aims to analyse the perspectives and interests of Generation Z accounting students towards the public accounting profession. The gap between the number of accounting graduates and the number of certified public accountants is a concern, while digital transformation is changing the nature of public accountants' work. Using qualitative methods with an interpretive approach, the research involved 21 students through Focus Group Discussions and in-depth interviews with 6 students at various levels of study. The results showed a significant development of perceptions as the study progresses; early level students tend to have views based on stereotypes with external factors (salary, status) as the main consideration, mid-level students develop a more complex understanding with the dominance of internal factors (intellectual challenges), while final level students show an integrated perspective with long-term considerations. Digital transformation is seen as an opportunity to reposition the role of public accountants to be more strategic and value-added, especially by middle and final year students. The research recommends curriculum development responsive to digital transformation, recruitment strategies that consider the characteristics of Generation Z, and simplification of professional certification pathways.
References
Alghafiqi, B., & Munajat, E. (2022). Impact of artificial intelligence technology on accounting profession. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 7(2), 140–159. https://doi.org/10.20473/baki.v7i2.27934
Alrawahi, S., Sellgren, S. F., Altouby, S., Alwahaibi, N., & Brommels, M. (2020). The application of Herzberg’s two-factor theory of motivation to job satisfaction in clinical laboratories in Omani hospitals. Heliyon, 6(9), e04829. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04829
Andriani, M., & Widiawati, K. (2017). Penerapan motivasi karyawan menurut teori dua faktor Frederick Herzberg pada PT Aristika Kreasi Mandiri. Journal Administrasi Kantor, 5(1), 83–98.
Ariyani, M., & Jaeni. (2022). Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemilihan karir menjadi akuntan publik. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 234–246. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624
Dippa, F. A. T., Mendra, N. P. Y., & Bhegawati, D. A. S. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi menjadi akuntan publik (Studi kasus pada Universitas Mahasaraswati Denpasar). Jurnal Kharisma, 2(2), 262–283.
Fauziah, N., Fairus, S. F., & Dwianto, A. S. (2024). Peran penting work life balance dan kompensasi dalam employee retention: Studi karyawan generasi Z di unit Kantor Cabang BRI Lenteng Agung. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3306–3317. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1995
Febriyanti, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal), 6(1), 88–98. https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.734
Finway.id. (2024). Transformasi profesi akuntansi: Menarik minat generasi Z di tengah revolusi digital.
Fotaleno, F., & Batubara, D. S. (2024). Fenomena kesulitan generasi Z dalam mendapatkan pekerjaan ditinjau perspektif teori kesenjangan generasi. Jurnal Syntax Admiration, 5(8), 3199–3208. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i8.1513
Handayani, K. (2024). Strategi adaptif untuk mempertahankan tenaga kerja di era Society 5.0: Menghadapi tantangan cobot. Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(3), 185–200.
Hasanah, W., & Nugraha, A. A. (2024). Analisis determinan minat karier menjadi akuntan publik pada mahasiswa akuntansi syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan angkatan 2019 & 2020. Jurnal Akuntansi dan Audit Syariah (JAAiS), 5(1), 1–15. https://doi.org/10.28918/jaais.v5i1.1862
Hasiara, L. O. (2012). Metode penelitian multi paradigma satu: Membangun reruntuhan metode penelitian yang berserakan.
Hastuti, D., & Kartika, A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik (Studi pada mahasiswa Universitas Stikubank Semarang). Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 6(2), 127–139.
Ismail, N. A. Y., & Syafei, J. (2024). Determinan minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. JAAMTER: Jurnal Audit Akuntansi Manajemen Terintegrasi, 2(1), 383–392.
Kamayanti, A. (2020). Metodologi penelitian kualitatif akuntansi: Pengantar religiositas keilmuan (Edisi Revisi, A. D. Mulawarman, Ed.). Penerbit Peneleh.
Kemalasari, R. Y., Susilowati, D., & Widianingsih, R. (2021). Minat mahasiswa terhadap profesi auditor eksternal dengan pertimbangan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2011 (Studi kasus pada mahasiswa S1 Akuntansi salah satu perguruan tinggi negeri di Purwokerto). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 23(3).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press.
Nirmalasari, Y. F. (2018). Analisis pengaruh faktor hygiene dan faktor motivator terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Karta Guna Ekatama. Parsimonia, 5(2), 199–210. https://jurnal.machung.ac.id/index.php/parsimonia/article/view/187
Nugrahanti, T. P., Puspitasari, N., & Andaningsih, I. R. (2023). Transformasi praktik akuntansi melalui teknologi: Peran kecerdasan buatan, analisis data, dan blockchain dalam otomatisasi proses akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science, 2(3), 213–221.
Ozsoy, E. (2019). An empirical test of Herzberg’s two-factor motivation theory. Marketing and Management of Innovations, (1), 11–20. https://doi.org/10.21272/mmi.2019.1-01
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, N. D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, M., Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metode penelitian kualitatif (Fatma Sukmawati, Ed.). Pradina Pustaka Grup.
PPM SoM. (2023). Akuntan publik: Membangun karier di dunia akuntansi. https://ppmschool.ac.id/akuntan-publik/
Putri, P. K. (2024). Gen Z di dunia kerja: Kepribadian dan motivasi jadi penentu produktivitas kerja. Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i1.650
Rezkia, S. M. (2020). Langkah-langkah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Yayasan Multimedia Nusantara & Xeratic. https://dqlab.id/data-analisis-pahami-teknik-pengumpulan-data
Riyanti, A., Siahaan, N. H., & Ramadhani, R. (2024). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap keputusan menjadi akuntan publik. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.31004/money.v2i1.22302
Sugiono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharyono, O., & Lasminingrat, A. (2022). Kewajiban hukum akuntan publik dalam menghadapi skandal akuntansi dilihat dari aspek sosiologi hukum. Konsisten: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 22–44. https://journal.unwim.ac.id/index.php/equilibrium/index
Suryani, A., & Machmuddah, Z. (2018). Aspek-aspek pertimbangan dalam berkarir sebagai akuntan publik. Jurnal Akuntansi Bisnis, 16(2), 235. https://doi.org/10.24167/jab.v16i2.1494
Suwitri, N. P. B. A., & Suartana, W. (2024). Determinan pemilihan profesi sebagai akuntan publik. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 13(8), 1564–1576. https://doi.org/10.18382/jraam.v3i1.43
Wahyudi, A., Febriyanti, F., MP, M., Saepudin, & H. P., C. A. (2025). Engagement karyawan generasi Z (Strategi untuk meningkatkan produktivitas). Jurnal Manajemen, 3(2), 123–134.
Wahyuni, F. R. F. M. W. S. J. L. H. S., Jonata, E. M., Hasanah, I. M. N., Maharani, A., Nuryami, K. A. R. N., & Lukman. (2022). Metodologi penelitian kualitatif (Y. Novita & M. Hum, Eds.). Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Wona, G. P., & Wany, E. (2024). Future accountant for career: Pengaruh karir profesi akuntan terhadap minat mahasiswa akuntansi. (Informasi lanjutan diperlukan untuk kelengkapan sitasi)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AKUNTANSI 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.