Pengaruh Pemahaman, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah

Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Sarolangun

Authors

  • M. Arzil Khatami Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Maulana Yusuf Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurfitri Martaliah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v5i1.2446

Keywords:

Bank Riau Kepri Syariah, Customer Decisions, Sharia Financial Literacy, Promotion

Abstract

Customers' decisions to save are influenced by several internal and external factors such as financial literacy and promotions. Financial literacy reflects an individual's ability to understand financial concepts, financial products, and services and to control personal financial resources independently. Promotion is one of the determining factors for the success of a marketing program. This research aims to determine the influence of sharia financial literacy and promotions both spatially and simultaneously on customers' decisions in choosing Bank Riau Kepri Syariah products. This research approach uses a quantitative descriptive approach. Data was collected using questionnaires and field observations. The research results show that partially sharia financial literacy and promotion have an influence on customers' decisions in choosing Bank Riau Kepri Syariah products. Simultaneously, the variables of sharia financial literacy and promotion influence customers' decisions in choosing Bank Riau Kepri Syariah products with a percentage of 88.2%.

References

Al-Quran Terjemahan.2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Antonio, Syafi'i. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta: Pustaka Alfabeta, 2006.

Ascarya, dan Yumanita Yumanita. Bank Syariah. Kebanksentralan; 14. Jakarta, 2005.

Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia. Kebijakan Pengembangan Perbankan Syariah. Jakarta: Alfabeta, 2011

Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2016.

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2017.

Jundiani. Pengaturan Hukum perbankan Syariah Di Indonesia. Malang: UIN Press, 2009.

Karim, Adiwarman. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1.Jakarta: Erlangga, 2009.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Perilaku NasabahRevisi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2005.

Otoritas Jasa Keuangan. Statistik Perbankan Syariah Agustus 2023. Departemen Pengelolaan dan Data Statistik Otoritas Jasa Keuangan, Republik Indonesia, 2023.

Rivai, Veithzal, dan Arviyan Arifin. Islamic banking: sistem bank Islam bukan hanya solusi menghadapi krisis namun solusi dalam menghadapi berbagai persoalan perbankan & ekonomi global: sebuah teori, konsep, dan aplikasi. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rusby, Zulkifli. Manajemen Bank Syariah. Pekanbaru Riau: Pusat Kajian Pendidikan Islam, 2017.

Sjahdeini, Sutan Remy. Perbankan Islam. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, 2007.

Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019

Suharso. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: CV Widya Karya, 2018.

Sumartik, dan Hariasih, Misti. Buku Ajar Manajemen Perbankan. Jawa Timur: UMSIDA, 2018.

Tjiptono., Fandy. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.

Wibowo, Edy. Mengapa Memilih Bank Syariah?. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Dedisuhendro. “Tinjauan Perkembangan dan Pertumbuhan Perbankan Syariah di Indonesia.” Preprint. INA-Rxiv, (25 Januari 2019).

Eko Yuliawan. “Pengaruh Pengetahuan Nasabah Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keoutusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung” 1 (1 April 2011).

Gumilang, Galang Surya. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling”, Vol.2, No.2 (2016).

Habibah, G.W.I.A. & Afriani Nur Hasanah. “Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu)”. Jurnal Margin, Vol.1 No.1 (2021).

Imam Asngari. “Pengaruh Kondisi Ekonomi Makro dsn Karakteristik Bank Terhadap Efesiensi Industri Perbankan Syariah di Indonesia.” 11 (2 Desember 2013).

Kautsal Audytra Muhammad. “Pengaruh Pengetahuan Warga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Masyarakat Memilih Produk Bank Muamalat (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Darunnaja).” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2014.

Mandali, R., Rahmiati, R., & Mesta, H. A. “Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Menabung Mahasiswa pada Bank Syariah di Universitas Negeri Padang”. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol.5, No.1 (2016).

M. Siddiqi, Youdhi Prayogo, Nurfitri Martaliah, “Pengaruh Literasi, Edukasi Dan Self Efficacy Terhadap Keputusan Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah”. Journal of Student Research (JSR), VOl.1, No.1 (2023).

Nasrullah, Muhammad. “Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Nasabah Terhadap Produk.” Jurnal Hukum Islam, Vol.13, No. 2 (7 Desember 2015).

Rosyidah, Muhammad Nizar, dan Khoirul Huda. “Analisis Pengetahuan Nasabah Tentang Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Kcp Malang Kepanjen).” Malia (Terakreditasi). Vol.10, No. 2 (25 Mei 2019).

Sobarna, N. “Analisis Perbedaan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional”. Eco-Iqtishodi Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol.3, No.1 (Juli 2021).

Triana & Fadhil Mahdi, “Pengaruh Pemahaman Produk (Famliarity) Perbankan Syariah Terhadap Nasabah Menabung di iB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak”, Jurnal Manajemen Motivasi: Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol.13, No.2 (Oktober 2017).

Wardah Yuspin. “Penerapan Prinsip Syariah Dalam Pelaksanaan Akad Mudharabah”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 10 (1 Maret 2007).

Wirdatul Hasanah. “Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah Di Kelurahan Langgini, Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar”. Skripsi.. UIN Sultan Syarif Kasim Riau (2013).

Zuhirsyan, M. & Nurlinda, “Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah”, Jurnal Al-Amwal, Vol.10, No.1 (2018). akan dapat mempengaruhi minat muzakki dalam membayar zakat

Published

2024-04-28

How to Cite

M. Arzil Khatami, Maulana Yusuf, & Nurfitri Martaliah. (2024). Pengaruh Pemahaman, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah: Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Sarolangun. Akuntansi \’45, 5(1), 107–120. https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v5i1.2446

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.