Penerapan Etika Bisnis Dalam Melakukan Transaksi Penjualan Di Pasar Tradisional Sekampung Menurut Perspektif Etika Ekonomi Islam

Authors

  • Heni Cahyanti IAIN Metro
  • Maria Lutfi IAIN Metro
  • Melly Luthfiyah IAIN Metro
  • Carmidah Carmidah IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.897

Keywords:

Etika Bisnis, Transaksi Penjualan, Pasar Tradisional, Etika Ekonomi Islam, Sekampung, Lampung Timur..

Abstract

Pasar tradisional masih menjadi tempat transaksi penjualan yang umum di Indonesia, termasuk di Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Namun, praktik bisnis yang kurang etis seringkali terjadi di pasar tradisional, seperti penipuan, menjual barang palsu, dan memberikan harga yang tidak jujur kepada konsumen. Oleh karena itu, diperlukan penerapan etika bisnis yang benar dan sesuai dengan prinsip-prinsip etika ekonomi Islam dalam melakukan transaksi penjualan di pasar tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan etika bisnis dalam transaksi penjualan di pasar tradisional Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur dari perspektif etika ekonomi Islam.

 

 

 

References

Sari Nilam. (2018). Praktik Pedagang Pasar Tradsional : Fakta Dan Solusi Penerapan Etika Bisnis Islami. Jurnal Dusturiah,2 (1). 91-93

Lestari Dwi Novieati. Pengaruh Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Umkm. Al-Iqtishad :Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam. 10 (1) 104-106.

Fuadi Ariza.(2013) Etika Bisnis Dan Upaya Membangun Budaya Berbisis Yang Islami.: Az-Zarqa Vol 05.(02) 91

Fauroni Luqman.(2003). Rekonstruksi Etika Bisnis Perspektif Al-Qur’an : Iqtishad Journal Of Islamics Economics 4 (1).99-101

Ahmad Fauzi,Nilava Ihna. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pasar Tradsional Ngronggo Kota Kediri : At-Tamwil 02 (2) 140.

Elfianti Desi, (2018). Etika Bisnis Dalam Pandagan Islam Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Kecil: Jurnal Ekonomi Syariah. 1 (2) 82-84

Khanifa Khusna Nurma. (2014). Etika Bisnis Sebagai Kiblat Mutlak Pelaku Usaha Implikasi Ekonomi Islam.: Az-Zarqa 1 (02) .219

I, Khuza Rodliyah. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam (2005) :Jurnal Xxx 1, 40-48

Dadang Saepuolah. (2018) Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam Kumpulan Essay-Essay Menarik. Jurnal Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.Pt Bidara Cendekian Ilmu Nusantara 223-226.

Setiawan, A., & Purwanto, A. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 63-75.

Sutisna, Mulyadi Kosm, Nurul Tari Rahmawati,.(2023).Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Dipasar Tradisional:Studi Kasus Pasar Leuwiling Bogor. Jurnal Kajia Ekonomi & Bisnis Islam,4 (4),905

Nurhadi, S., & Sukma, R. (2021). Penerapan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam Dalam Bisnis Online Di Era Pandemi Covid-19. Al-Azhar Indonesia Journal Of Islamic Studies, 5(1), 1-17.

Mardiana, Y., Fauziah, N., & Santoso, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mikro

Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 1-14.

Rohman, A. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Tasamuh, 6(2), 181-

Afriyanti, N., & Nurchayati, Y. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perbankan Syariah. Al-

Maslahah: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 46-61.

Setiawati, R. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 25-38.

Rakhmawati, D. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional

Semarang. Jurnal Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 135-146.

Nugroho, A. B., & Dewi, A. S. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di

Pasar Tradisional Sekampung, Lampung. Al-Munzir: Jurnal Hukum Dan Syari'ah, 4(2), 143-157.

Kurniawati, R., & Hidayat, R. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Banten Jurnal Al-Iqtishadiah: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 2(2), 193-207.

Marzuki, A. R., & Agustina, R. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Yogyakarta. Al-'Adalah: Jurnal Hukum Dan Peradilan, 6(1), 71-80

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Heni Cahyanti, Maria Lutfi, Melly Luthfiyah, & Carmidah Carmidah. (2023). Penerapan Etika Bisnis Dalam Melakukan Transaksi Penjualan Di Pasar Tradisional Sekampung Menurut Perspektif Etika Ekonomi Islam . Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 223–238. https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.897