Strategi Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Sebagai Inovasi Dalam Digitalisasi Pemasaran Entrepreneur Syariah

Authors

  • Pera Wibowo Putro UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Nur Asiyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mashudi Mashudi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.877

Keywords:

E-WOM; Strategi ; Entepreneur; Pemasaran.

Abstract

Electronic word of mouth (E-WOM) hadir seiring dengan pertumbuhan penggunaan internet. Dengan adanya E-WOM ini, tercipta inovasi pemasaran baru bagi para wirausahawan syariah dalam mengembangkan bisnis untuk memasuki dimensi E-WOM yang sejalan dengan etika bisnis Islam, antara lain: yang pertama adalah Platform Assistance, yang kedua adalah Concern for Others, ketiga Mengekspresikan Perasaan Positif, dan keempat Membantu Perusahaan. Selain itu, adanya strategi pemasaran melalui E-WOM juga sejalan dengan prinsip bisnis Islami yang wajib ditiru dan dipraktikkan oleh umat Islam yang mengacu pada konsep bisnis Rosululloh SAW, antara lain: Customer Oriented berkaitan dengan menjamin kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk, Transparansi menghindarkan kita dari kesalahan dalam membeli produk dan konsumen akan merasa puas dan tegas dalam mengambil keputusan pembelian produk, Persaingan Sehat dalam E-WOM dilakukan dengan evaluasi langsung oleh konsumen terhadap produk yang digunakan melalui kolom komentar yang disediakan, dan kemudian Fairness in E-WOM menjadikan keadilan bagi konsumen dalam menggunakan produk dari produsen

References

Alma ,Buchari.,2008, ”Kewirausahaan”. Bandung: Alfabeta.

Burhanuddin, 2020, ”Analisis Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19”. At-Tawassuth Jurnal Ekonomi Islam, Vol 5, No 2,383.

Cheung,Christy M.K., Thadani, Dimple R., 2010, “The Effectiveness Of Electronic Word-Of-Mouth Communication: A Literature Analysis”. Slovenian : 23rd Bled Econference Etrust: Implications For The Individual, Enterprises And Society,337.

Ciputra, 2009, Solusi Job Creation Di Tengah Krisis Global. Jakarta: Surat Kabar, Harian, Sk Indopos.

Departemen Agama Ri, Op.Cit.

Ekotama, Suryono., 2009 ”Trik Jitu Promosi Murah Meriah”. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Firmansyah ,Farid., 2009, ”Doktrin Wirausaha Ala Rasûlullâh”. Madura : Jurnal Al Ihkam Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial, Vol. 1. IV, No.2, 245.

Idri, 2015, ”Hadis Ekonomi”, Jakarta: Prenadamedia Group.

Jeong, E & Jang, Soocheong., 2011, “Restaurant Experiences Triggering Positive Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Motivations”. International Journal Of Hospitality Management, Vol 3, Iss 2, 356-366

Kasmir, 2012, ”Kewirausahaan”, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

M.R.Jalilvand. & Samiei,Neda., 2012, “The Effect Of Electronic Word-Of-Mouth On Brand Image And Purchase Intention”. Journals Of Marketing Inteligence And Planning, Vol.30, Iss 4.

Nieto, J., Muñoz-Gallego, P. A., & Hernándezmaestro, R. M.,2014 “Marketing Decisions, Customer Reviews, And Business Performance: The Use Of The Toprural Website By Spanish Rural Lodging Establishments”, (Departamento De Administración Y Economía De La Empresa, Campus Miguel De Unamuno, University Of Salamanca Spain: Tourism Management,Vol 45,115-123.

Norvadewi, 2015, Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Jurnal Al-Tijary, Vol. 01,.No. 01, 37.

Park, D.H. & Kim, S., 2008, “The Effects Of Consumer Knowledge On Message Processing On Electronic Word-Of-Mouth Via Online Consumer Reviews”, Electronic Commerce Research And Applications,Vol 7,399-410.

Silverman, George., 2010, The Secret Of Word Of Mouth Marketing: How To Trigger Exponential Sales Through Run Away Word Of Mouth.” USA: Amacom,26.

Sudrajat,2011,”Kiat Mengentaskan Pengangguran dan Kemiskinan Melalui Wirausaha”, Jakarta: Bumi Aksara.

Sula,Muhammad Syakir., 2004, ” Syariah Marketing”. Jakarta: Gema Insani.

Suryana, 2009,”Kewirausahaan” (Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses), Jakarta: Salemba Empat.

Thurau-Hennig., Gwinner, K.P.,Walsh, G., Dan Gremier, D,D. 2004. “Electronic Word Of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motives Consumers To Articulate Themselves On The Intenet?”. Journal Of Interactive Marketing, Vol 18, No.1,39.

Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Sentuh-212-Juta-Pada-2023

Https://Dataindonesia.Id/Ragam/Detail/Populasi-Muslim-Indonesia-Terbesar-Di-Dunia-Pada-2022

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Pera Wibowo Putro, Binti Nur Asiyah, & Mashudi Mashudi. (2023). Strategi Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Sebagai Inovasi Dalam Digitalisasi Pemasaran Entrepreneur Syariah. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 169–187. https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.877