Pengaruh Disiplin Kerja, Stres Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Aparatur Negara Pemerintah Daerah Kota Surabaya

Authors

  • Tan Evan Tandiyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dinda Radika Dewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.804

Keywords:

Disiplin Kerja, Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, Aparatur Negara

Abstract

Instansi pemerintah atau perusahaan dapat melakukan pengelolaan sumber daya manusia dengan mengembangkan efektivitas kerja pegawai, memperbaiki kualitas pegawai, memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi. Peningkatan kualitas tenaga kerja atau pegawai dipandang perlu untuk memperoleh dan mempertahankan tenaga kerja yang terampil, memiliki motivasi yang tinggi, meningkatkan dan memperbaiki kualitas tenaga kerja dari organisasi yang diukur dari kontribusi, kemampuan, kecakapan dalam melaksanakan operasional pekerjaan. Setiap organisasi selalu berusaha untuk meningkatkan keberhasilan sumber daya manusia dalam melaksanakan tugasnya secara efisien dan efektif sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada prestasi kerja yang dicapai oleh setiap pegawai. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai BPBD Kota Surabaya. Dari data yang diperoleh yang kemudian diolah dengan rumus slovin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuisioner/angket. Secara keseluruhan, indikator yang digunakan dalam penelitian ini valid dengan hasil korelasi lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 dan reliabel Cronbach Alpha > 0,6. Hasil uji asumsi klasik juga menunjukkan bahwa penelitian ini telah memenuhi, diantaranya : kedua model regresi bebas dari multikolinieritas, tidak terjadi heterokedastisitas tidak terjadi autokorelasi dan residual model regresi berdistribusi normal. Dapat disimpulkan hasil akhir penelitian yaitu disiplin kerja, stres kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. PUTRI MEGAH ASRI INDAH MEDAN.” Jurnal Repository Universitas Dharmawangsa.

Astuti, D. R. (2016). Manajemen Stres Kerja Pada Pegawai di Mangrove Kaso Yogyakarta. Institutional Repository. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Thesis. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22420

Bintoro & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, D. P. & Harjoyo. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: UNPAM PRESS.

Dharma, S. (2018). Manajemen Kinerja: Falsafah Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fachrezi, H. & Khair, H. (2020). Pengaruh Komunikasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 3(1). hal. 107–190.

Fachruddin, I. (2009). Desain Penelitian. Malang: Universitas Islam Negeri.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Aplikasi. Bandung: PT Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jumal, A. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mangkunegara, AA. A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan, A. M. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Panjaitan, F. A. B. K. & Panjaitan, H. (2014). Analysis of Customer Loyalty through Total Quality Service, Customer Relationship Management, and Customer Satisfaction. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 3(3).

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kede. edited by B. Trans. Pujaatmaka, H & Molan. Jakarta: PT Prenlindo.

Sanusi, A. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: PT Salemba Empat.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sinambela, P. & Sinambela, S. (2019). Manajemen Kinerja Pengelolaan Pengukuran, dan Implikasi Kinerja. Depok: Raja Gratindo Persada.

Stainslaus, S. S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pertama. PRENADAMEDIA GROUP.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Terok, J. Tumbel, T. & Sumampouw, H. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Bank SULUTGO. Jurnal Repository UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi).

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Tan Evan Tandiyono, & Dinda Radika Dewi. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Stres Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Aparatur Negara Pemerintah Daerah Kota Surabaya. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 79–94. https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.804