PERSEPSI NASABAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA TERHADAP LAYANAN FITUR MOBILE BANKING BSI

Authors

  • Askur Hamid Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Elya Rosa Maharani Sembiring Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Andini Al-Khoiri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.480

Keywords:

Mobile banking,sistem layanan,fitur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara terhadap penggunaan layanan fitur yang ada pada aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Indonesia.Sebelumnya melakukan transaksi seperti transfer,pengambilan tunai,dan lain sebagainya seseorang tersebut harus mendatangi kantor bank terdekat. Tetapi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat terbentuklah suatu aplikasi bank yang segala transaksi dapat dilakukan atau kini disebut dengan Mobile Banking.Dalam penelitian ini diperlukan adanya hasil observasi terhadap pengguna atau nasabah yang menggunakan mobile banking BSI untuk memperoleh hasil kepuasan terhadap layanan tersebut.Penelitian ini tentunya akan mengedukasi serta memberi informasi terhadap fitur-fitur yang terdapat pada mobile banking BSI dan persepsi-persepsi nasabah pengguna mobile banking BSI.Tentunya terdapat kepuasan dan ketidakpuasan nasabah akan layanan yang disediakan oleh mobile banking BSI tetapi hal itu tidak mengurangi rasa kemudahan dan kelogisan para pengguna mobile banking.

 

References

Antonio, Karnaen Purwataatmadja dan M. Syafe‟i, Apa dan Bagaimana Bank Islam, Yogyakarta: PT Dana Bhakti, 1997.

Arifin, Johan, et. al. Perlindungan Hukum Nasabah Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Semarang: IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Arifin, Johan, Sistem Informasi Manajemen, Semarang: CV Karya Abadi Jaya, 2015 Arifin, Veithzal Rivai dan Arviyan, Islamic Banking, Jakarta: PT Bumi Aksara. bni.co.id/id-id/tarif/ebanking/bnimobilebanking, diakses 17 Mei 2017.

Damar, Agustinus Mario, “Soal Aplikasi Mobile Banking Palsu, BNI Bakal Temui Kemkominfo”, htttp://m.liputan6.com/amp/2446676/soal-aplikasi-mobilebanking-palsu-bni-bakal-temui-kemkominfo, diakses 17 Mei 2017.

Dewi, Eli Wuria, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004. Djojosoedarso, Soeisno, Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi, Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Hania‟ah, Ika Khoiriyah, “Analisis Pengaruh Kualitas Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang”, Skripsi Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang, 2012.

Kurniawan, David, et al., “Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Reasoned Action”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 1, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2013

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/sejarah-perbankan-syariah.aspx

https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/30/29

https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/tipe/digital-banking

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Askur Hamid Nst, Elya Rosa Maharani Sembiring, Putri Andini Al-Khoiri, & Nurbaiti, N. (2022). PERSEPSI NASABAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA TERHADAP LAYANAN FITUR MOBILE BANKING BSI. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 114–122. https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.480