Penerapan E-Government dalam Perspektif Pemanfaatan E-Government Pada Kota Surabaya

Authors

  • Hani Sanjaya Universitas Islam Syekh –Yusuf, Tangerang
  • Sofiatul Karimah Universitas Islam Syekh –Yusuf, Tangerang
  • Anggi Puspitasari Universitas Islam Syekh –Yusuf, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.443

Keywords:

E-Government, Informasi, Pelayanan Publik.

Abstract

Upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan menerapkan E-Government. Tulisan ini bertujuan untuk melihat apakah program E-government yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Surabaya telah memenuhi indikator peningkatan kualitas pelayanan publik atau belum. Metode penelitian dalam makalah ini menggunakan metode studi literatur. Untuk mengukur kualitas Implementasi E-Government dengan menggunakan 3 dimensi yakni dimensi sosial, dimensi ekonomi dan dimensi dan dimensi pemerintahan. Serta tampilan informasi serta Dukungan warga. Kesimpulan dari analisis ini adalah program E-Government telah mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi serta menjadikan pemerintah lebih akuntabel.

References

Denhardt, Janet V. and Robert B. Denhardt. (2020). New Public Service: Serving Not Steering. London: ME Sharpe.

Denhardt, Janet V. and Robert B. Denhardt. (2018). The New Public Service: An Approach to Reform. International Review of Public Administration 8 (1), 3-10. https://doi.org/10.1080/12294659.2003.10805013.

Gronlund, Ake. (2017). “Electronic Government”. pada: Anttiroiko, Ari-Veiko and Matti Malkia (eds.), Encyclopedia of Digital Government, Volume I, Hershey: Idea Group Reference.

Holmes, Douglas. (2019). E-Gov: e-Business Strategies for Government. London.

Indrajit, Richardus Eko. (2019). Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Yogyakarta: ANDI.

Indrajit, Richardus Eko. (2017). Evolusi Strategi Integrasi Sistem Informasi Ragam Institusi. Jakarta.

Lovelock, Christoper. (2019). Product Plus: How Product Plus Service: Competitive Advantage. New York: McGraw Hill.

Misuraca, G. (2018). e-Governance in Africa: From Theory to Action: A Handbook ICTs for Local Governance. http: idrc.ca./en/ev/-13398-201- IDO-TOPIC.html.

Moon, M.J. (2020). The Evolution of E-Government Among Municipalities: Rhetoric or Reality. Public Administration Review, Vol. 62, No. 4, pp. 424–33. https://doi.org/10.1111/0033-3352.00196.

Rasyid, M. Ryas. (2018). Makna Pemerintahan. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Savas, E. Manuel. (2018). Privatization: The Key to Better Government. New Jersey: Chatam Haouse Publisher Inc.

Welch, E. W., & Wong, W. (2001). Global Information Technology Pressure and Government Accountability: The Mediating Effect of Domestic Context on Website Openness. Journal of Public Administration Research and Theory: J-PART, 11(4), 509–538. http://www.jstor.org/stable/3525721.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Hani Sanjaya, Sofiatul Karimah, & Anggi Puspitasari. (2022). Penerapan E-Government dalam Perspektif Pemanfaatan E-Government Pada Kota Surabaya. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 01–07. https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.443