Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPRS Al-Washliyah Medan

Authors

  • Reza Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v3i2.4157

Keywords:

Assurance, Empathy, Reliability, Responsiveness, Tangible

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of service quality on customer satisfaction at PT BPRS Al-Wasliyah Medan. This research was conducted on customers of PT BPRS Al-Wasliyah Medan). The type of research used is quantitative research. Sampling used the Porpusive Sampling technique, because the researcher only sampled 91 customer respondents. The data collection technique uses a questionnaire whose validity and reliability have been tested. The results of the research conducted show that the coefficient of determination (adjusted R square) is 0.713 or 71.3%. That Service Quality (Reliability, Responsiveness, Empathy, Assurance, Tangible) influences Customer Satisfaction (Case Study of PT. BPRS Kc Alwasliyan Medan).

References

Awalia, A. P., Marliyah, M., & Ilhamy, M. L. (2023). Analysis of financial performance assessment using the economic value added (EVA) method (study at Bank Muamalat Indonesia 2019–2021). Indonesian Journal of Economics and Management.

Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411

Fitria Sari, R., & Marlius, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/6067

Gunawan, E., Sebastian, G. O., & Harianto, A. (2019). Analisa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan menginap di empat virtual hotel operator di Surabaya. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 145–153. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20981

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB

Kurniasari, F., Eviatiwi, K., & Sugiyanto. (2020). Dimensi kualitas pelayanan sebagai upaya peningkatan kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan Hotel X Semarang). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2), 112–125.

Lokot, L. A. R., Juliati, Y. S., & Syafina, L. (2023). Pengaruh tekanan pesaing dan beban pokok penjualan terhadap penentuan harga jual dan kinerja bisnis usaha. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 2(3), 110–118.

Monica, C., & Marlius, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari. Jurnal Pundi, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.31575/jp.v7i1.465

Nasfi, R., & Sabri. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah perbankan syariah. Journal of Economic Studies, 4(1), 19–38.

Nasution, A. K., & Ilhamy, M. L. (2021). Pembiayaan porsi haji Pegadaian Syariah dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah (Studi kasus: Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 1(4), 381–389.

Nura, I., Nurlaila, N., & Marliyah, M. (2023). Pengaruh CAR, BOPO, FDR dan NPF terhadap tingkat bagi hasil mudharabah dimediasi ROA di Bank Umum Syariah Indonesia. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 908–919.

Putri, R. C., Tarigan, A. A., & Juliati, Y. S. (2023). Analisis konsep al-ujrah (upah) dalam ekonomi Islam: Pendekatan tafsir tematik. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1528–1535.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

Setiawan, A., Qomariah, N., & Haris, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia), 9(2), 114–126.

Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran (Edisi ke-3). Yogyakarta: ANDI.

Wahab, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah industri perbankan syariah di Kota Pekanbaru. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 52–66.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Reza Syahputra. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPRS Al-Washliyah Medan. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(2), 276–292. https://doi.org/10.30640/trending.v3i2.4157