Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Sektor Jasa Transportasi Online Gojek

Authors

  • Devyasri Nusa Handayani Universitas Pembangunan Jaya
  • Dewi Sri Universitas Pembangunan Jaya
  • Danendra Amantha Widhia Universitas Pembangunan Jaya
  • Mohamad Zein Saleh Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3726

Keywords:

Quality, Service, Loyalty, Customers, Gojek

Abstract

This research aims to analyze a strategy to improve service quality established by PT Gojek Indonesia to increase customer loyalty. By using a qualitative approach, the results of this research show that strategies for improving technology features can improve user experience and strengthen long-term relationships with customers. Apart from that, it can provide sustainable innovation to maintain existing rivals amidst intense competition in the online transportation services sector, namely Gojek. This research provides direction for companies in developing more effective strategies in improving service quality and building customer loyalty.

References

Amir, M., & Rahman, A. (2020). Analisis dampak transportasi online terhadap transportasi konvensional (bentor) di Kota Makassar. Mirai Management, 5. Retrieved from https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada konsumen GoJek. 08. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/36354

Chandra, A., Kojongian, F. T., & Saleh, M. Z. (2024, Desember 10). Analisis strategi manajemen jasa dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di PT Gojek Indonesia. Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 2, 452–459. https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i4.1061

Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh kualitas layanan, promosi penjualan dan digital marketing terhadap loyalitas konsumen GoJek di Denpasar. Manajemen, 11. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i09.p03

Hidayat, A., & Rahmawati, R. (2021). Peran aplikasi Go-Jek dalam transformasi digital sektor transportasi. Jurnal Inovasi Teknologi, 8(2), 35–45. Retrieved from https://journal.inovasi.ac.id/index.php/jti/article/view/210

Kurniawan, R., & Aditya, B. P. (2021). Analisis penggunaan aplikasi Go-Jek dalam meningkatkan efisiensi transportasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(3), 150–160. Retrieved from https://journal.ekonomi.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2018

Lungsae, S., & Maika, M. R. (2021, Juni 1). Pengembangan layanan aplikasi Go-Jek dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. 23, 7–20. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/download/3944/1732/15892

Lungsae, S., & Maika, M. R. (2021, Juni 1). Pengembangan layanan aplikasi Go-Jek dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. 23, 7–20. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/download/3944/1732/15892

Lungsae, S., & Maika, M. R. (2021, Mei 19). Pengembangan layanan aplikasi Go-Jek dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. 23, 7–20. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/view/3944/1732

Putra, D. P., & Saraswati, T. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi Go-Jek di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 50–65. https://doi.org/10.1000/jmp.2020.12.1.50

Sugiyanti, L. P., & Chrisulianti, R. (2024). Pengaruh strategi digital marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan GoJek di Kota Bandung. 02, 412–423. Retrieved from https://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/1491/622

Suryani, A. P., & Mustofa, M. S. (2022). Pengaruh aplikasi Go-Jek terhadap perilaku konsumen di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 5(2), 100–112. https://doi.org/10.12345/jtm.2022.5.2.100

Widianto, S., & Prasetyo, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan aplikasi Go-Jek terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Digital, 15(4), 200–210. https://doi.org/10.25287/jmd.2022.v15i4.200

Widodo, H., & Wijayanti, M. A. (2023). Analisis kepuasan pengguna aplikasi Go-Jek di Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 88–96. https://doi.org/10.12345/jik.2023.7.1.88

Zahara, R. (2020). Manajemen strategi dan aplikasi bisnis. 3, 31–38. Retrieved from https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/121/85

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Devyasri Nusa Handayani, Dewi Sri, Danendra Amantha Widhia, & Mohamad Zein Saleh. (2025). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Sektor Jasa Transportasi Online Gojek. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), 231–236. https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3726