Pengaruh K-Culture terhadap Perilaku Konsumsi Produk Impor Kosmetik Korea Selatan Jenis Serum

Authors

  • Ni Luh Gede Arma Ningsih Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Reni Suasih Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v2i4.3064

Keywords:

Consumption Behavior, K-Culture, Skincare Serum, Consumption Expenditure, Income

Abstract

One of the daily needs for a woman is cosmetics. Skincare cosmetics are a very popular type of cosmetics over the past few years, one of which is serum so that the demand for this product is high. The change in consumption behavior of Indonesian people, especially skincare users, towards serum products to become more consumptive is caused by various factors, including cultural factors, especially K-Culture, consumption expenditure and income. The purpose of this study is to analyze and determine the simultaneous effect of K-Culture, consumption expenditure and income on the consumption behavior of imported South Korean cosmetic serum products and to analyze and determine the partial effect of K-Culture, consumption expenditure and income on the consumption behavior of imported South Korean cosmetic serum products in Denpasar City.

References

Akmaliah, M. W. (2012). Tinjauan buku: Fenomena Hallyu (Gelombang Korean-Pop/K-POP) dan dampaknya di Indonesia. Jurnal Masyarakat & Budaya, 14(1).

Amiruddin. (2013). Ekonomi mikro (Suatu perbandingan ekonomi Islam dan ekonomi konvensional) Cetak I. Alauddin University Press.

Anwar, R. P., & Anwar, W. W. (2014). The effect of Korean Wave on young generation and creative industry in Indonesia. 현대사회와다문화, 4(2), 65-89.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2021). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penerapan Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran. Indonesia.

Christine, K. Y. T., Kempa, S., & Vincēviča-Gaile, Z. (2020). Determinant factors in purchasing Korean skin care products. SHS Web of Conferences, 76, 01021.

Dwiyanti, S., Astawa, P., & Laksmiwati. (2022). Pengaruh budaya pop Korea terhadap gaya hidup remaja di Kota Denpasar Bali. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2).

Gerung, J., Noviyanti, W. O. N., & Ali, L. (2022). Studi fenomenologi perilaku konsumsi makanan dan minuman cepat saji khas Korea pada milenial Kota Kendari. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(1).

Hanum, N. (2017). Analisis pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2).

Harianto, R., Amzul, R., & Rosiana, N. (2022). Ekonomi manajerial. IPB Press.

Hasrin, A., & Sidik, S. S. (2023). Tren kecantikan dan identitas sosial: Analisis konsumsi kosmetik dan objektifikasi diri di kalangan perempuan Kota Palopo. Jurnal Analisa Sosiologi, 12(4), 740-757.

Hidayat, T., Ekshan, N., Kosim, M., & Asral. (2023). Pengaruh budaya Korea dan tingkat pendapatan terhadap minat beli konsumen di wilayah Cikarang. SEMANIS: Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1(1).

Hogarth, H. K. (2013). Gelombang Korea: Reaksi Asia terhadap globalisasi yang didominasi Barat. Perspektif Pembangunan Global dan Teknologi, 12, 131-151.

Kim, D., Cho, S.-D., & Jung, G. (2014). Gelombang kebudayaan rumah tangga dan pemasaran internasional MNC di lingkungan yang mengubah pesat. 193-216.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran edisi kesebelas. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniawati, A. Y., & Wijayanti, E. D. (2018). Karakteristik sediaan serum wajah dengan variasi konsentrasi sari rimpang temu giring (Curcuma heyneana) terfermentasi Lactobacillus bulgaricus. Karya Tulis Ilmiah Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

Le, T. A., Mai, N. Q. T., Van Vo, N., Tram, N. T. H., & Le Nguyen, N. (2020). Factors affecting the choice of buying Korean cosmetics. Management Science Letters, 10(13), 3097-3106.

Mankiw, G. (2007). Makroekonomi edisi keenam. Penerbit Erlangga.

Nicholson, W., & Snyder, C. M. (2012). Microeconomic theory: Basic principles and extensions. Nelson Education.

Perloff, J., Karp, L., & Golan, A. (2007). Estimating market power and strategies. Cambridge University Press.

Perwitasari, N. H., & Putsanra, D. V. (2019). Mengenal arti skincare dan tahapan merawat kulit. Di dalam https://tirto.id/mengenal-arti-skincare-dan-tahapan-merawat-kulit-eimA.

Rahardja, P., & Manurung, M. (2010). Teori ekonomi mikro suatu pengantar edisi keempat. PT Radja Grafindo Perkasa.

Rahmawaty, A. (2020). Peran perawatan kulit (skincare) yang dapat merawat atau merusak skin barrier. BIMFI, 7(1), Universitas Padjadjaran.

Reza, I., Sangadji, E. M., & Nurhayati, D. (2023). Pengaruh budaya, sosial dan pribadi konsumen terhadap keputusan pembelian produk skincare Innisfree produksi Korea di Kota Pasuruan. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(5), 170-178.

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk budaya populer dan konstruksi perilaku konsumen: Studi terhadap remaja. Jurnal Visi Komunikasi, 13, 87-104.

Rizky, R. N. (2020). Pengaruh harga, pendapatan, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian produk kosmetik impor pada konsumen pengguna e-commerce Sociolla (studi pada mahasiswa di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya.

Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10, 2139-2146.

Septiani, S., & Indraswari, R. (2018). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen produk kosmetik halal di Kota Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(1), 59-73.

Siregar, A. S. (2019). Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Skripsi. IAIN Padangsidimpuan.

Somantri, B., & Larasati, G. C. (2020). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap consumer behavior dan dampaknya pada purchasing decision produk kosmetik Korea mahasiswi Kota Sukabumi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8).

Suryani, T. (2018). Perilaku konsumen: Implikasi pada strategi pemasaran. Graha Ilmu.

Teoh, K. C., & Md Harizan, S. H. (2017). Factors influencing consumers’ purchase intention of cosmetic products in Malaysia. International Journal of Business, 3(1), 1-15.

Tonda, F., Hanif, M. R., & Tyas, T. S. N. (2022). Literature review determinasi perilaku konsumen: Kebudayaan, sosial dan pribadi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Tranggono, I. R., & Latifah, F. (2007). Buku pegangan ilmu pengetahuan kosmetik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahdani, F. R. R., & Aufa, A. A. (2021). Concerning K-Pop: Pengenalan singkat tentang Korean Wave (Hallyu Star). An-Nas: Jurnal Humaniora, 5(2).

Weaving, G., Batstone, G. F., & Jones, R. G. (2016). Age and sex variation in serum albumin concentration: An observational study. Annals of Clinical Biochemistry, 53(1), 106-111.

Zakiah, K., Putri, D. W., Nurlimah, N., Mulyana, D., & Nurhastuti. (2019). Menjadi Korean di Indonesia: Mekanisme perubahan budaya Indonesia–Korea. MediaTor, 12(1), 90-101.

ZAP. (2019). Zap Beauty Index 2019. Diunduh dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex/

ZAP. (2020). Zap Beauty Index 2020. Diunduh dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex/

ZAP. (2023). Zap Beauty Index 2023. Diunduh dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex/

Published

2024-08-10

How to Cite

Ni Luh Gede Arma Ningsih, & Ni Nyoman Reni Suasih. (2024). Pengaruh K-Culture terhadap Perilaku Konsumsi Produk Impor Kosmetik Korea Selatan Jenis Serum. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(4), 136–153. https://doi.org/10.30640/trending.v2i4.3064