Perancangan Strategi Bisnis Dengan Analisis Swot dan Business Model Canvas (Bmc) Pada UKM XYZ

Authors

  • Intan Puspitasari IPB University
  • Nurmaisya Al Ghonia IPB University
  • Nadila Faiza IPB University
  • Alvi Khumairoh IPB University
  • Maulida Lutfia Aminin IPB University
  • Tri Puspita Ningrum IPB University
  • Lindawati Kartika IPB University

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v2i3.2716

Keywords:

Business Model Canvas, External Factors, Internal Factors,, SWOT Analysis, Strategic Management

Abstract

The development and progress of Business Trends occurs very quickly. One of them is the change of business to be digital-based, which makes business competition more competitive. To face this competition, companies need to continue to innovate and be more creative in developing their business strategies. This study aims to analyze the external and internal conditions of SMEs XYZ engaged in dairy products. Using a qualitative approach, this study was analyzed through two methods, namely Business Model Canvas (BMC) and SWOT Analysis. The results of this study indicate that XYZ SMEs are in a hold and maintain position with an internal score of 3.48 and an external score of 3.12 meaning that XYZ SMEs need to maintain and strengthen their internal position and continue to monitor and adjust to changes in the external environment to ensure sustainable growth.

References

Alfarisi A. 2019. Perumusan Strategi Business Model Canvas (BMC) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5582/4901

Amalia Alfi, Hidayat Wahyu, & Budiatmo Agung. 2012. Analisis Strategi Pengembangan Usaha pada UKM Batik Semarang di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/854

Amiruddin A. 2018. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Jurnal Universitas Airlangga, 1–8.

Hambali A & Andriani S. 2021. Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)dan SWOT Analysis dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing pada Piring Seng Coffee & CO Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 131–142.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. 2022. Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.

Istiqomah, & Andriyanto Irsyad. 2017. Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus. BISNIS - Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 363–382. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/3019/2240

katadata.co.id. 2020. Pemerintah Beri Stimulus, Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/08/pemerintah-beri-stimulus-berapa-jumlah-umkm-di-indonesia

Katadata.co.id. 2020. Pandemi Membuat Kesadaran Pola Hidup Sehat Meningkat Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Pandemi Membuat Kesadaran Pola Hidup Sehat Meningkat. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/infografik/5f5b532185fa5/pandemi-membuat-kesadaran-pola-hidup-sehat-meningkat

Maftahah Riif, Wijayantini Bayu, & Wahyu Setianingsih Eko. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). INOVATOR - Jurnal Manajemen, 11(2), 300–310. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index

Marlinah, L. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional. In Jurnal Ekonomi (Vol. 22, Issue 2).

Nisak Z. 2013. Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal ekbis. Vol 2(2). Hal 468-476

Prabowo RGM. 2019. Manajemen strategi.

Pratama Zulfa Ilham. 2021. Analisa Business Model Canvas (Bmc) Pada Industri Pengolahan Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Laporan Tugas Akhir

Raeburn. 2024. Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya. [Internet]. Tersedia pada: https://asana.com/id/resources/swot-analysis

Raza Erwin, Sabaruddin L, & Komala A. 2020. Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1).

Soemohadiwidjojo. 2015. Panduan praktis menyusun KPI (kesatu). Raih Asa Sukses.

Wijayanti Nur, & Hety Handayani. 2020. Model Business Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal , 2(6), 114–121.

Wirawan. 2021. Implementasi manajemen pendidikan karakter mewujudkan indikator kinerja utama SD Islam Al-Ikhlas. Jurnal ilmiah untuk peningkatan mutu pendidikan. Vol 8(1).

Wono HY, et al. 2023. Media sosial, literasi digital dan inovasi bisnis trikotomi baru dalam manajemen strategi. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis. Tersedia pada https://www.researchgate.net/profile/Siska-Sufa-2/publication/374478059_MEDIA_SOSIAL_LITERASI_DIGITAL_DAN_INOVASI_BISNIS_TRIKOTOMI_BARU_DALAM_MANAJEMEN_STRATEGI/links/651fd4f83ab6cb4ec6beead0/MEDIA-SOSIAL-LITERASI-DIGITAL-DAN-INOVASI-BISNIS-TRIKOTOMI-BARU-DALAM-MANAJEMEN-STRATEGI.pdf

Published

2024-06-10

How to Cite

Puspitasari, I., Nurmaisya Al Ghonia, Nadila Faiza, Alvi Khumairoh, Maulida Lutfia Aminin, Tri Puspita Ningrum, & Lindawati Kartika. (2024). Perancangan Strategi Bisnis Dengan Analisis Swot dan Business Model Canvas (Bmc) Pada UKM XYZ. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(3), 210–226. https://doi.org/10.30640/trending.v2i3.2716