Pengaruh Segmentasi, Targeting, dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian Baju di Titik Kumpul Thrift Gunung Pangilun

Authors

  • Eva Rita Sonata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v2i2.2255

Keywords:

segmentation, targeting and positioning, buying decision

Abstract

The purpose of this study is to determine the influence of segmentation, targeting and positioning on clothing purchasing decisions at the Gunung Pangilun thrift gathering point. This type of study uses quantitative methods, data collection through the distribution of questionnaires to 100 respondents using accidental sampling withdrawal techniques. By using instrument tests, (validity tests and reality tests), classical assumption tests (normality tests, multicollinearity tests and heteroschidasticity tests) then multiple linear regression and hypothesis tests with the help of SPSS applications. The result of this study is that segmentation has a positive and significant effect on purchasing decisions. Targeting (X2) has a positive and significant effect on Purchasing Decisions. Positioning (X3) has a positive and significant effect on Purchasing Decisions.

References

Aryandi, J., dan Onsardi, O. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1): 117-127.

Bagas. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. STIE PGRI Dewantara Jombang, 10(2), 145– 160

Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Carla. Lee. 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Prenada Media Kencana.

Charles Lamb, W.et.al. 2019. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta

Charles Lamb, W.et.al. 2019. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta

Dian F. Dan Lidyah R.(2014). “Pengaruh Corporate Social Responsibility,Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusi terhadap Nilai Perusahaan Tambang Batu Bara yang Terdaftar di BEI” Jurnal STIE MDP, 2014

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi. c, 1–11.

Faulina, Tia, & Susanti, Febsri. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (n.d.). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ).

Hasan, 2008, Manajemen Pemasaran dan Marketing, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Hassan, A. 2019. Marketing dan KasusKasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Kasali, Rheinald, (2011), Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting dan Positioning, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler dan Amstrong (2015). "Harga Kualitas Produk Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. prinsi-prinsip pemasaran jilid 1 Kotler, Philip. & Keller, Amstrong. 2012. Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall Kotler, Philip and Khevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15thEdition, Pearson Education, Inc.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler. P. 2012. Manajemen Pemasaran, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT.Prenhallindo.

Maulana, Farhan. 2019.“ Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Produk PUYO),

Philip Kotler dan keller kevin lane. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1 & 2. PT.Indek.

Purwati, A. A., Yusrizal, & Ramadhani, I. C. (2019). Pengaruh Lifestyle, Kualitas Produk, dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Management Busines(JOMB), 1(1), 22–36.

Sari Noviana. (2019). segmentasi ,targeting, dan positioning loyalitas pelanggan Yp Sari.F Susanti academic conference for management 1,2019

Sudjatmika, F. V. (2017). Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di. 5(1).

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Bisnis (edisi 3).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta

Wijayanti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Eva Rita Sonata. (2024). Pengaruh Segmentasi, Targeting, dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian Baju di Titik Kumpul Thrift Gunung Pangilun . Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 99–112. https://doi.org/10.30640/trending.v2i2.2255