Penerapan Akuntansi Manajemen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) : MADU AKASIA ASLI

Authors

  • Rizky Ramadhan Universitas Jambi
  • Adrian Dimas Pratama Universitas Jambi
  • Ratih Kusumastuti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30640/trending.v2i1.1881

Keywords:

Management Accounting, Decision Making, Controlling, Planning

Abstract

This study investigates how the functions and elements of management accounting are implemented. Using GENUINE ACACIA HONEY as a research subject. Primary and secondary data were used in this research. This research uses qualitative methods using interactive analysis. Data was collected directly from the owners of GENUINE AKACIA HONEY and analyzed in the field to make it more representative. The data collection method is used to collect data seen from the use of the data through observation and so on. Data must provide supporting factual information, for example from the results of (1) interviews and (2) observations. The interview was asked to the owner of GENUINE ACACIA HONEY in the form of unstructured questions. Observations are carried out directly to obtain relevant results and can also be used as a reference. The results of observations and interviews are presented in the form of tables and research questions in realizing the functions of management accounting, namely planning, controlling and decision making.

 

References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/434

Al Farisi, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

Fitria, H. A. (2019). Analisis Dampak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Sentra Industri Kecil Roti Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo.

Garaika dan Winda Feriyana. 2018. Akuntansi Manajemen. Lampung Selatan: CV.HIRA TECH.

Haliza, T. N., Yani, E., Ningrum F. S., & Kusumastuti R. (2023). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Produksi (Studi Kasus Pada UMKM Es The Nusantara Cabang Kota Jambi). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 3(2), hal 128-137. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i2.1880.

Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.22.125.

Nugroho, P. I., & Takaliwuhang, J. G. (2022). Penerapan Akuntansi Manajemen dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) : Aku Cendol Kamu Salatiga. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 340-346.

Puspitasari, N. P. D., Ainun, D.N., Reffan B., Nandar D. C., Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI, Volume 2 Nomor 2.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal of Economic Studies, 4(2).

Refiyanto, E., & Muid, D. (2022). Analisis penggunaan informasi dan penerapan akuntansi manajemen terhadap strategi pengembangan umkm kota bontang. 11, 1–9.

Salmiah, N., Indarti, & Siregar, I. F. (2015). Analisis Penerapan Akuntansi Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada UMKM di Kecamatan Sukajadi Binaan DisKop & UMKM Kota Pekanbaru). Jurnal Akuntansi, 3(2), 212–226.

Sudjiman, P. E. S. dan L. S. (2018). Proses Pengambilan Keputusan Paul Eduard Sudjiman dan Lorina Siregar Sudjiman CO Jurnal TeIKa, 8, 55–67.

Sugiarti, E. N., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2019). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. E-Jra, 08(4), 90–104.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Suswanto, P dan Setiawati,S. D., (2020). Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Lini Masa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), hal 16-29.

Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38.

Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Ekonomi Pembangunan, 3(12), 576–585.

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476.

Yacub, R. dan Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness pada E-Commerce. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 19(2), hal 198-209.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Rizky Ramadhan, Adrian Dimas Pratama, & Ratih Kusumastuti. (2023). Penerapan Akuntansi Manajemen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) : MADU AKASIA ASLI. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 01–08. https://doi.org/10.30640/trending.v2i1.1881