Efektivitas Digitalisasi Talent Management Terhadap Perencanaan Dan Strategi SDM Pada Perusahaan Di Era Digital

Authors

  • Shula Kayla Putri Agustono Universitas Pembangunan Jaya
  • Vicka Ellianna Ristanti Universitas Pembangunan Jaya
  • Syuja Augusta Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.856

Keywords:

Digitalisasi, Talent Management, Strategi SDM

Abstract

Digitalisasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan berorganisasi. Penggunaan teknologi dalam perencanaan dan strategi SDM salah satunya telah menjadi suatu hal yang terus meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Keefektifan dari digitalisasi dalam pengelolaan talent management dapat dilihat melalui evaluasi dari berbagai faktor seperti rekrutmen dan seleksi, onboarding, manajemen performa, dan employee engagement. Perusahaan dapat mengidentifikasi area untuk mengembangkan strategi yang ditargetkan untuk meningkatkan. Secara keseluruhan, efektivitas perencanaan talent management dan digitalisasi strategi SDM dapat tercermin dalam meningkatkan keterlibatan dan retensi karyawan, peningkatan produktivitas dan efisiensi, dan hasil bisnis. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, dan memanfaatkan kajian literatur terdahulu atau disebut dengan metode studi literatur. Bersifat deskriptif komparatif ditunjukkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data informasi yang berdasarkan dengan kenyataan (fakta). Perusahaan SAKA Indonesia Pangkah Limited menggunakan proses perekrutan yang tradisional, tentu memakan waktu yang lama, dan berdampak pada minimnya peluang dalam mendapatkan kandidat yang berpotensi. Digitalisasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan berorganisasi, dan perusahaan dapat mengidentifikasi area untuk mengembangkan strategi yang ditargetkan untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja secara keseluruhan. Digitalisasi meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses manajemen bakat, yang membantu manajer SDM mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan berbakat. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Data adalah segala fakta atau angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi. Analisis dilakukan berdasarkan data-data yang telah didapatkan pada sumber data yang tersedia. Pada tahap pertama perekrutan unilever, terdapat mesin penyeleksi kandidat.

References

Al Ariss, A., Cascio, W. F., & Paauwe, J. (2014). Talent management: Current theories and future research directions. Journal of World Business, 49(2), 173-179.

Bondarouk, T., & Ruel, H. (2019). Dynamics of e‐learning: theoretical and practical perspectives. International Journal of Training and Development, 14(3), 149– 154.

Cappelli, P., & Keller, J.R. 2014. Talent Management: Conceptual Approaches And Practical Challenges. Journal of Annu. Rev. Organ. Psychol. Organ. Behav.1:305–31. https:// doi: 10.1146/annurev-orgpsych-031413-091314.

Garg, N., & Singh, S. (2018). Financial literacy among youth. International Journal of Social Economics, 45(1), 173–186

Kusuma, Yuga . (2017). Talent Management System pada Program Pengembangan Sumberdaya Manusia di Saka Indonesia. Jurnal Al-Tijarah. 3(2)

Mangkunegara, A. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya

Patric A. V., Mohan P. J., Title of paper/book (italic font), Name of journal/Conference/book publisher, Volume/Edition, pp. 1- 10

Pella, Darmin, A., Inayati, Ahmad. (2011). Talent Management: Mengembangkan SDM. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Shula Kayla Putri Agustono, Vicka Ellianna Ristanti, & Syuja Augusta. (2023). Efektivitas Digitalisasi Talent Management Terhadap Perencanaan Dan Strategi SDM Pada Perusahaan Di Era Digital. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 293–300. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.856