Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang)

Authors

  • Citra Rizkiana Universitas Semarang
  • Yudi Setyawan Universitas Semarang
  • Johanis Souisa Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.810

Keywords:

Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perkembangan industri otomotif yang semakin meningkat terlebih pada kendaraan roda empat atau lebih membuat layanan purna jual semakin banyak dan harus memenuhi kepuasan dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan (Studi Pada Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang yang tidak diketahui jumlahnya. Sedangkan untuk sampelnya sendiri berjumlah 96 orang dengan menggunakan metode purposive sampling (sampel dengan kriteria). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang).

References

Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, U. R. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan ( Studi pada Bengkel AHASS Rantau Indah Motor)”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, 2020.

Hasibuan, S. N., “Pengaruh Kepercayaan, Harga Dan Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Traveloka Di Kota Medan”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2020.

Hijriah, M., Nurnajamuddin, M., & Serang, S. (2020). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Trans Studio Makassar”. Tata Kelola, 7(1), P-ISSN: 2089-0982, E-ISSN: 2722-7952.

Imanuel, B. H., & Tanoto, S. (2019). “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Hastaco Tour and Travel”. Agora, 7(1).

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). “Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee”. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), ISSN Cetak 2252-9993, ISSN Online 2598-618X.

Kasinem, K. (2020). “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat”. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo”. Agora, 7(1).

Sutiyatik, Enni. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 10(2), http://dx.doi.org/10.30649/japk.v10i2.84.

Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). “Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoensia, 5(2), 300–312.

Wafa, Lio. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Dan Body Repair Selamet Makmur Semarang”. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, 2020.

Widyawati, E., Rahman, L. M. A., & Herman, H. (2022). “Pengaruh Pengawasan, Responsibilitas Kerja Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Rigel Segara Batam”. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 2580-2305.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Citra Rizkiana, Yudi Setyawan, & Johanis Souisa. (2023). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Mobil Sinar Audio Semarang). Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 229–247. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.810