Analisis Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli Produk Sociolla Di Kota Bandar Lampung

Authors

  • Syahrani Dewi Syamsurya Universitas Lampung
  • Aripin Ahmad Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.803

Keywords:

Kesadaran Merek, Niat Beli, Brand Recall

Abstract

Persaingan usaha yang ketat menuntut perusahaan untuk mengelola bisnisnya agar mampu  menciptakan produk yang memiliki identitas dan membedakan produk tersebut berbeda dengan produk lainnya yang disebut dengan merek serta menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal dan salah satunya adalah melalui persaingan antar merek. Begitu juga Produk Sociolla merupakan brand e-commerce (retail) yang bergerak dibidang kecantikan. Sociolla memiliki identitas sebagai brand retail terbesar dan terlengkap yang khusus menjual produk kecantikan di Indonesia. Permasalahannya adalah Apakah kesadaran merek mempengaruhi niat beli konsumen Produk Sociolla di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian survei dengan tekhnik pengambilan sampel insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak seratus orang. Besarnya pengaruh kesadaran merek terhadap niat beli yaitu Koefisien Determinasi (R2) sebesar 61,10% sisanya 39,90% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model. Secara parsial variabel pada Brand Recall (X2) merupakan variabel yang berpengaruh terbesar terhadap niat pembelian pada konsumen produk Sociolla, yaitu memiliki koefisien regresi sebesar 0,898. Hal ini sesuai dengan hasil analisis kuantitif yang menujukan bahwa variabel Brand Recall merupakan variabel paling berpengaruh terhadap niat pembelian produk Sociolla di Kota Bandar Lampung.

References

Aaker, David A. 2012. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama

Asaad Ali Karam dan Serdar Saydam, 2015, An Analysis Study of Improving Brand Awareness and Its Impact on Consumer Behavior Via Media in North Cyprus (A Case Study of Fast Food Restaurants), International Journal of Business and Social Science Vol. 6, No. 1; January 2015

Azwar, Anas. 2019. Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Durianto, Darmadi, dkk. 2014. Strategi Menaklukkan Pasar. PT. Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.

Ferdinand, Agusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jogiyanto. 2017. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Keller, Kevin Lane. 2018, Measuring Brand Equity. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2019, Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lin, Chien-Hsiung. 2013. The Effects of Brand Image on Purchase Intention in Catering Industry. Pakistan Journal of Statistic. Vol 29(5). Page 745-754.

Mohammad, Nasir. 2019. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Muhammad Ehsan Malik, Muhammad Mudasar Ghafoor, Hafiz Kashif Iqbal, Usman Riaz, Noor ul Hassan, Muhammad Mustafa & Saleh Shahbaz, 2013, Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science Vol. 4 No. 5; May 2013

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2014. Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Ketiga (Revisi). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2014. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Cet Ke-2. Jakarta. PT. Gramedia

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy, 2018, Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2014. Consumer Behavior, 7th Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Setiadi, Nugroho. 2012. The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand. Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sianturi, Martua. 2010. Analisis Tingkat Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Pasta Gigi Pepsodent di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Stanton, W.J, 2006. Prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi Terjemahan. Jakarta, Erlangga

Supranto, J, 2016. Metode Peramalan Kuantitatif untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Jakarta : Rineka Cipta

Suprapti, 2010. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Umar, Husein. 2012. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Syahrani Dewi Syamsurya, & Aripin Ahmad. (2023). Analisis Kesadaran Merek Terhadap Niat Beli Produk Sociolla Di Kota Bandar Lampung. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 183–196. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.803