Pengaruh Sistem Akuntansi Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah di Indonesia

Authors

  • Dinda Putri Nazira Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.757

Keywords:

Akuntansi, Ekonomi, Pemerintah Daerah.

Abstract

Hadirnya bidang akuntansi di dalam sebuah kajian ekonomi memiliki tujuan untuk melakukan sebuah pencatatan maupun mengumpulkan serta melaporkan informasi terkait penggunaan keuangan posisi keuangan dan adanya sebuah arus kas yang terjadi. Tanpa adanya akuntansi sejatinya pencatatan terhadap segala upaya yang berkaitan dengan keuangan terutama bagi perusahaan maupun pemerintahan akan tidak terkendali. Hal ini dikarenakan kehadiran dari sebuah akuntansi yang berbasis pencatatan akan memberikan informasi secara mendalam mengenai hadirnya sebuah penggunaan keuangan serta untuk melihat Bagaimana kondisi keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh apa saja yang diberikan oleh sistem akuntansi pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang ada di Indonesia. Kemudian penelitian ini juga ditujukan agar mengetahui secara jelas mengenai pengaruh apa yang diberikan oleh sistem akuntansi pemerintah daerah sehingga menyebabkan hadirnya peningkatan ataupun penurunan dari adanya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang ada di Indonesia.

References

Ikyarti, T., & Aprila, N. (2019). Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, implementasi sistem informasi manajemen daerah, dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma. Jurnal Akuntansi, 9(2), 131-140.

Supraja, G. (2019). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Dan Efektivitas Fungsi Pengawasan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.

Apandi, R. N. N., & Fajar, A. (2010). Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bandung. aset, 386.

Patra, A. D. A., Bustami, L., & Hasriani, H. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 2(1).

Permadi, A. D. (2013). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat).

Indrayani, K. D., & Widiastuti, H. (2020). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Klaten). Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 4(1), 1- 16.

Aprisyah, P., & Yuliati, A. (2021). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah dan kompetensi sumber daya manusia terhadap laporan keuangan daerah (studi empiris pada dinas perhubungan kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1855 - 1869.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Dinda Putri Nazira. (2023). Pengaruh Sistem Akuntansi Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah di Indonesia . Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 152–164. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.757