Pengaruh Citra Institusi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Masuk Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek

Authors

  • Teguh Sukanto Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Indonesia
  • Aditya Surya Nugraha Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Indonesia
  • Mekky Briyantoro Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i1.580

Keywords:

i : citra institusi; biaya pendidikan; keputusan mahasiswa

Abstract


Di dalam memilih perguruan tinggi, harus mencari suatu institusi di bidang pendidikan yang mampu memberikan pelayanan jasa pendidikan yang benar-benar mempu mewujudkan suatu pendidikan yang memiliki kompetensi. Dampak penetapan pilihan akan mambawa pengaruh jangka pendek/panjang, baik berupa keuntungan yang akan diperoleh maupun resiko yang akan ditangung. Dari sisi calon mahasiswa, keputusan memilih perguruan tinggi akan dipengaruhi beragam faktor salah satunya adalah citra perguruan tinggi dan biaya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra intitusi dan biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa ITB dengan besar sampel sebanyak 116 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra institusi dan biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas citra institusi dan biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Dengan nilai koefisien 0,961menunjukkan bahwa citra institusi dan biaya pendidikan dapat menjelaskan keputusan mahasiswa sebesar 96,1% dan sisanya yaitu 3,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rieka Citra

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:Undip

Indrajit, R.Eko., & Djokopranoto, R. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Jogyakarata:C.V ANDI OFFSET.

Jasfar. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor:Ghalia Indonesia

Karyati & Sukirno (2016) Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Melanjutkan Studi. Prosiding Seminar Nasional:Fakultas Ekonomi UNY.

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lopez. F.F. (2015). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi, Kualitas Pelayanan, Dan Kesadaran Harga Terhadap Keputusan Studi Mahasiswa Indonesia Timur Di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya

Riduwan (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriadi. (2007). Manajemen Modal Kerja. Bandung: CV. Remaja Kaya.

Supriyanto & Machfudz. (2010). Metodologi Riset: Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press

Sutisna. (2001) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Sukanto, T., Aditya Surya Nugraha, & Mekky Briyantoro. (2023). Pengaruh Citra Institusi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Masuk Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 408–418. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i1.580