Pengaruh Citra Institusi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Masuk Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek
DOI:
https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i1.580Keywords:
i : citra institusi; biaya pendidikan; keputusan mahasiswaAbstract
Di dalam memilih perguruan tinggi, harus mencari suatu institusi di bidang pendidikan yang mampu memberikan pelayanan jasa pendidikan yang benar-benar mempu mewujudkan suatu pendidikan yang memiliki kompetensi. Dampak penetapan pilihan akan mambawa pengaruh jangka pendek/panjang, baik berupa keuntungan yang akan diperoleh maupun resiko yang akan ditangung. Dari sisi calon mahasiswa, keputusan memilih perguruan tinggi akan dipengaruhi beragam faktor salah satunya adalah citra perguruan tinggi dan biaya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra intitusi dan biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa ITB dengan besar sampel sebanyak 116 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra institusi dan biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas citra institusi dan biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa masuk ITB. Dengan nilai koefisien 0,961menunjukkan bahwa citra institusi dan biaya pendidikan dapat menjelaskan keputusan mahasiswa sebesar 96,1% dan sisanya yaitu 3,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rieka Citra
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:Undip
Indrajit, R.Eko., & Djokopranoto, R. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Jogyakarata:C.V ANDI OFFSET.
Jasfar. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor:Ghalia Indonesia
Karyati & Sukirno (2016) Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Melanjutkan Studi. Prosiding Seminar Nasional:Fakultas Ekonomi UNY.
Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lopez. F.F. (2015). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi, Kualitas Pelayanan, Dan Kesadaran Harga Terhadap Keputusan Studi Mahasiswa Indonesia Timur Di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya
Riduwan (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supriadi. (2007). Manajemen Modal Kerja. Bandung: CV. Remaja Kaya.
Supriyanto & Machfudz. (2010). Metodologi Riset: Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press
Sutisna. (2001) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung