PENGARUH ADANYA PAYLATER DI KALANGAN REMAJA DI SUMATERA UTARA

Authors

  • Fadhillah Irwani Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dini Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.526

Keywords:

Pengaruh paylater, Remaja, Sumatera Utara.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna paylater di kalangan remaja. Perkembangan e-commerce memberikan dampak pada metode pembayaran yang semula hanya dikenal pembayaran tunai, berbasis kertas, berbasis kartu, kini mulai diperkenalkan dengan sistem pembayaran baru berbasis elektronik. Paylater merupakan salah satu jenis pembayaran kredit secara online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan menggunakan study literature (kepustakaan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem pembayaran paylatter berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif kalangan remaja di Sumatera Utara. Litearsi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna paylatter dengan arah hubungan negative. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna paylatter dengan arah hubungan positif, dan secara simultan literasi keuangan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna paylatter di Sumatera Utara.

References

Adhiputra, M. W. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Volume 2 Nomor.1, 52-63.

McLeod Pearson,. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

Selly Cashman. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dubia Komputer Fundamental,. Jakarta: Salemba Infotek.

Wardoyo dan Andini. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online ada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Volume. 19, Nomor.1, 23-33.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Fadhillah Irwani Saragih, & Dini Lestari. (2022). PENGARUH ADANYA PAYLATER DI KALANGAN REMAJA DI SUMATERA UTARA. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 190–198. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.526