PENERAPAN MATEMATIKA PADA ILMU EKONOMI: FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Authors

  • M. Yusuf Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Farida Universitas Indraprasta PGRI
  • M. Lukman Toro Universitas Indraprasta PGRI
  • Achmad Maulana Universitas Indraprasta PGRI
  • Cindy Amalia Cahyani Universitas Indraprasta PGRI
  • Windi Naldi Safitri Universitas Indraprasta PGRI
  • Devi Anzani Universitas Indraprasta PGRI
  • Renata Oktaria Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i1.523

Keywords:

Matematika Ekonomi, Fungsi Penawaran, Fungsi Permintaan, Persamaan Linier Dua Variabel

Abstract

Fungsi permintaan dan penawaran merupakan salah satu dasar ilmu ekonomi yang disederhanakan menjadi model ekonomi matematis, yaitu dengan memilih dua variabel ekonomi, yaitu variabel harga dan variabel jumlah barang yang diminta oleh konsumen atau yang ditawarkan oleh produsen. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan matematis pada konsep ekonomi, khususnya permintaan dan penawaran serta keseimbangan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif. Hasil yang diperoleh: (1) Hubungan fungsi permintaan dan penawaran dibangun berdasarkan konsep matematika dengan melihat variabel berdasarkan konsep fungsi linier, (2) masalah permintaan dan penawaran serta keseimbangan pasar juga dapat dibangun berdasarkan konsep matematika sistem persamaan linier dua variabel dan solusinya dibangun dengan metode eliminasi,  substitusi, matriks, dan grafik.

 

References

Bailey. (2006). Mathematics Aplications and Concepts. USA: The McGraw Hill Companies.

Eko, Y. (2009). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Emas, M., & Dadang, R. (2018). Penerapan Sub Pokok Fungsi pada Matematika Ekonomi terhadap Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 90-96.

Purbowati, R., & Utomo, L. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA PENERIMAAN OPINI DENGAN PARAGRAF PENJELAS GOING CONCERN. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis.

Purnama, N. E. (2017). Pengaruh Pajak dan Subsidi pada Keseimbangan Pasar. Jurnal Ekonomikawan.

Rahayu, S. E., Febrianty, H., Rozaini, N., & Mardalena. (2017). Pengantar Ekonomi Makro. Medan: Perdana Publishing.

Widjajanta, B., & Widyaningsih, A. (2009). Mengasah Kemampuan Ekonomi untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

M. Yusuf, Nur Farida, M. Lukman Toro, Achmad Maulana, Cindy Amalia Cahyani, Windi Naldi Safitri, … Renata Oktaria. (2022). PENERAPAN MATEMATIKA PADA ILMU EKONOMI: FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 232–342. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i1.523