Analisis Biaya Produksi Terhadap Penentuan Harga Jual Produk Kue Pada Unnie Cake di Way Jepara

Authors

  • Cicilia Konita Anggraini Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Fira Puspita Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Rani Rani Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Saskia Anggun Khoirun Nisa Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Setia Wulan Dari Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Carmidah Carmidah Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.506

Keywords:

Biaya Produksi, Harga Jual, Laba

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah menganalisis penetapan harga jual pada toko Kue Unnie Cake sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan agar mendapatkan laba yang sesuai menggunakan sistem akuntansi. Jenis penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa pengumpulan data dengan beberapa cara melalui pengamatan dan wawancara langsung dengan pemilik usaha. Hasil penelitian ini  memberikan masukan bagi pemilik usaha untuk mengetahui pengeluaran yang digunakan untuk kegiatan usaha sehingga dapat dikalkulasikan untuk menentukan harga jual produk.

 

 

 

References

Artikel Jurnal

Cerniati, C., & Hasan, W. A. (2020). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi Dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang. ENTRIES, 2(2), Article 2.

Hapsari, D. P., & Saputra, A. (2018). Analisis Penjualan Bersih, Beban Umum & Administrasi Terhadap Laba Tahun Berjalan. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30656/jak.v5i1.502

Irawan, M. R. N. (2016). Pengaruh Modal Usaha Dan Penjualan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Penggilingan Padi UD. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30736/jpensi.v1i2.77

Putra, F. D. (2017). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20127

Putranto, A. (2017). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i3.432

Setianingtyas, A., & Nurlaili, E. I. (2020). Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2365

Buku Teks

Hasoloan, J. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Deepublish.

Iman, N. (2013). Kiat-kiat Membiakkan Uang di Masa Sulit. Elex Media Komputindo.

Septiana, A. (2016). Pengantar Ilmu Ekonomi Dasar-Dasar Ekonomi Mikro & Ekonomi Makro. Duta Media Publishing.

Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Cicilia Konita Anggraini, Fira Puspita, Rani, R., Saskia Anggun Khoirun Nisa, Setia Wulan Dari, & Carmidah, C. (2022). Analisis Biaya Produksi Terhadap Penentuan Harga Jual Produk Kue Pada Unnie Cake di Way Jepara . Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 142–151. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.506