Perdagangan Bebas di Era Digital : Dilema Ekonomi Indonesia

Authors

  • Ivana Nabila Putri Universitas Pembangunan Jaya
  • Pascal Kharua Albari Universitas Pembangunan Jaya
  • Jessenia Kayla Putri Universitas Pembangunan Jaya
  • Mohamad Zein Saleh Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v4i1.3501

Keywords:

Trade, digital, competitiveness, product, local

Abstract

Free trade in the digital era opens up export opportunities while increasing competition for imported products in the domestic market, which has the potential to weaken local industries. This research highlights the importance of strategic policies, such as MSME incentives and strengthening digital capacity, to increase the competitiveness of local products. The SWOT approach points to digital transformation opportunities and the need for cross-sector collaboration to drive innovation and sustainable economic growth.

References

Admin. (2024, August 30). Kebijakan pemerintah dalam pengembangan industri manufaktur. Puskarsa.

Amalia, S. F. (2023, November 19). Membanjirnya barang impor dengan harga murah. Kompasiana.

Anatan, L., & Nur. (2023). Micro, small, and medium enterprises’ readiness for digital transformation in Indonesia. https://doi.org/10.3390/economies

Anderson, J. E., & Van Wincoop, E. (2004). Trade costs.

Anwar, M. C. (2022, June 12). Kenapa produk lokal kalah bersaing dengan produk impor? Kompas.com.

CTA. (2023, November 8). Pentingnya kerjasama pemerintah dan swasta dalam mendorong ekspor impor. Customs Trade Academy.

CTA. (2024, March 22). Daftar barang impor yang laku di Indonesia dan tips aman impor. Customs Trade Academy.

Dariah, A. R. (2005). Perdagangan bebas: Idealisme dan realitas.

Firmansyah, H., & Hendra, E. (2015). Implikasi globalisasi ekonomi dan perdagangan bebas terhadap stabilitas nilai rupiah.

Fitriani, M., Maghfiroh, N., Janari, D., Ridwan, M., Purnomo, A., Jurusan, ), Industri, T., & Industri, F. T. (2022). Analisis SWOT untuk digitalisasi strategi pemasaran usaha kecil dan menengah kerajinan bambu.

Gurumurthy, A. (2019). Digital economies at global margins. The MIT Press. https://doi.org/10.7551/mitpress/10890.001.0001

Mahendra Ardiansyah, W. (2023). Peran teknologi dalam transformasi ekonomi dan bisnis di era digital. Journal.sabajayapublisher.com. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb

Putra, A. K., Rafi, A., Darmawan, R. P., & Wikansari, R. (2023). Peran pemerintah meningkatkan perdagangan internasional khususnya ekspor. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.59827/jie.v2i3.94

Putra, F. (2024, May 25). Tantangan UMKM di tengah ketatnya persaingan global. Radio Republic Indonesia.

Rajagukguk, K. R. (2024, May 25). Menyusuri jalan sutra digital: Transformasi bisnis internasional di era e-commerce dan influencer. Kompasiana.

Rakhman Setyanto, A., Rizky Samodra, B., & Pasca Pratama, Y. (2015). Kajian strategi pemberdayaan UMKM dalam menghadapi perdagangan bebas kawasan ASEAN (Studi kasus Kampung Batik Laweyan). 14(2). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/etikonomi

Sitanggang, D. M., Matondang, K. A., Angkat, F., & Sinurat, N. A. (2024). Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia etika dalam perdagangan bebas di Indonesia.

Slamet, R., Nainggolan, B., Ramdani, H., Hendriyanto, A., Lu, L., & Ilma, Ul. (2016a). Jurnal Manajemen Indonesia strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Development strategy of digital start-up to confront the era of free market.

Slamet, R., Nainggolan, B., Ramdani, H., Hendriyanto, A., Lu, L., & Ilma, Ul. (2016b). Jurnal Manajemen Indonesia strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Development strategy of digital start-up to confront the era of free market.

Sulastri. (2022, December 6). Peran penting UMKM dalam ancaman isu resesi. Kemenkeu.go.id.

Waluyo, D. (2024, July 22). Industri alat angkut Indonesia 2024: Kontribusi dan tantangan. Indonesia.go.id.

Widya Astuti, A., Muharam, A., Siber Cerdika Internasional, P., & Swadaya Gunung Jati, U. (2023). Perkembangan bisnis di era digital. JMI: Riviera Publishing. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Ivana Nabila Putri, Pascal Kharua Albari, Jessenia Kayla Putri, & Mohamad Zein Saleh. (2024). Perdagangan Bebas di Era Digital : Dilema Ekonomi Indonesia. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 231–240. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v4i1.3501