Determinan Pengambilan Keputusan Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi STIE Surakarta

Authors

  • Oktavia Dwi Kusumaningrum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ismunawan Ismunawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i4.3081

Keywords:

E-Commerce, Social Media, Accounting Information Systems, Business Capital, Entrepreneurial Decisions

Abstract

This research aims to determine whether there is an influence of e-commerce, social media, accounting information systems, and business capital on entrepreneurial decision making. The population used in this research were 6th semester students majoring in accounting at the Surakarta Department with a sample of 105 respondents. The type of method used in this research uses quantitative methods. Data analysis uses multiple linear regression analysis using SPSS version 25. The research results show that the independent variables e-commerce, accounting information systems, and business capital have a positive or significant impact, while the results from the social media variable do not have a positive impact or not. significant impact on entrepreneurial decisions.

References

Anggraeni, W. D. (2023). Pengaruh E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Dukungan Keluarga, Dukungan Kampus dan Ketersediaan Modal Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa ITS Mandala). Riemba-junal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 1(1), 166-182.

Amri, A. M. (2020). Sistem Informasi Akuntansi (beserta contoh penerapan aplikasi SIA sederhana dalam UMKM). Deepublish.

Anakotta, F. M. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan E-Commerce Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 363-373.

Delvisa, E. (2023). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Sistem Informasi Akuntansi pada Minat Berwirausaha. Jurnal EMT KITA, 7(3), 630-636.

Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93.

Firdaus, M. (2023) Pengaruh E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Dukungan Keluarga, Dukungan Kampus dan Ketersediaan Modal Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa ITS Mandala). Riemba-junal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 1(1), 166-182.

Fitriyah, H. (2023). Pengaruh E-Commerce, Modal Usaha, Ekspektasi Pendapatan, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 19(2), 153-164.

Hakim, B. R. (2020). Kontribusi mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan teknik mesin FPTK UPI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

HANA, N. P. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Modal Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Tenun Ulos.

Hans, M. (2020). Pengaruh E-commerce terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Konsentrasi Kewirausahaan Unika Soegijapranata (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Hidayah, N. L.( 2023). Pengaruh E-Commerce, Modal Usaha, Ekspektasi Pendapatan, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 19(2), 153-164.

Hidayati, V. R (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34.

Indraswati, D. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34.

Indriyani, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14 No. 1, pp. 25-34. http://doi:10.9744/pemasaran.

Ilmi, M. (2023). Pengaruh E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Dukungan Keluarga, Dukungan Kampus dan Ketersediaan Modal Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa ITS Mandala). Riemba-junal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 1(1), 166-182.

Lestari, K. C. (2020). Sistem Informasi Akuntansi (beserta contoh penerapan aplikasi SIA sederhana dalam UMKM). Deepublish.

Listiawati, M. (2020). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha di mahasiswa FKIP UNS.

Masfufah, S. (2019). Pengaruh Sikap, Media Sosial, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).

Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34.

Mayangsari, S. (2022). Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Ketersediaan Modal, Dan Dukungan Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1189-1202.

Ningsih, S. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Karakteristik Wirausaha, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Ponteh Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Nurcahyono, J. (2021). Keputusan berwirausaha alumni Pendidikan Akuntansi UNIPMA dipengaruhi pengetahuan Akuntansi dan jiwa kewirausahaan. Tangible Journal, 6(1), 66-76.

Nurhayati, A. (2020). Implementasi jiwa wirausaha dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswi Purwakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 87-94.

PURBA, B. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Modal Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Tenun Ulos.

Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Deyaan dan Kaliando Salatiga. STIE AMA Salatiga.

Rooy, M. V. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan E-Commerce Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 363-373.

Sapulette, S. G. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan E-Commerce Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 363-373.

Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14 No. 1, pp. 25-34. http://doi:10.9744/pemasaran.

Sihombing, M. J. S. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal sosial dan sains, 1(4), 309-321.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Edisi Ke-2, Cetakan Ke-2. Bandung: CV.Alfabeta Youlanda, E. (2021). Analisis perbandingan kinerja keuangan menggunakan Altman Z-Score sebelum dan Sesudah Covid-19 (Studi pada sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, Akuntansi).

Sulistyo, H. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal sosial dan sains, 1(4), 309-321.

Sulistyowati, N. W. (2021). Keputusan berwirausaha alumni Pendidikan Akuntansi UNIPMA dipengaruhi pengetahuan Akuntansi dan jiwa kewirausahaan. Tangible Journal, 6(1), 66-76.

Syaharani, E. P. (2022). Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Ketersediaan Modal, Dan Dukungan Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1189-1202.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun minat berwirausaha mahasiswa dengan pengaruh faktor e-commerce, pengetahuan kewirausahaan dan gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93-103.

Utami, D. M. (2020). Pengaruh Pembiayaan Mikro dan Modal Usaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Radial Palembang (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Wardani, N. T. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93.

Wulandari, N. P. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34.

Yeni, R. I. (2022). Pengaruh E-Commerce, Sosial Media dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha:(Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau). Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Teknologi Informasi Akuntansi, 664-675.

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7310555/kominfo-imbas-ai-pengangguran-lulusan-universitas-di-indonesia-kembali-naik.

Published

2024-08-13

How to Cite

Oktavia Dwi Kusumaningrum, & Ismunawan Ismunawan. (2024). Determinan Pengambilan Keputusan Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi STIE Surakarta. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(4), 178–198. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i4.3081