Analisis Promosi pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan terhadap Perilaku Konsumen

Authors

  • Silmi Asy-Syifaa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maula Diah Liani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Melvin Christian Abimanyu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elsya Rahmalia Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hana Alifah Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nabila Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i3.2610

Keywords:

Gojek application, Promotion Impact, Delivery Service, Consumer Behavior, Promotion

Abstract

This study aims to analyze the impact of promotions on food delivery service applications on consumer behavior. The focus of the research is on the use of the GoFood feature in the Gojek application. The method used is descriptive quantitative, by collecting data through a questionnaire (questionnaire) given to 115 GoFood service users. This questionnaire includes questions about how consumer behavior patterns are related to the promotions provided. The results of this study are that most consumers feel benefited and promotions direct their behavior in a positive direction. A small proportion of consumers feel that promotions direct their behavior in a negative direction. As for certain users, the use of promotional features does not really affect the emergence of positive or negative behavior patterns.

References

Al Faiz, N. S., & Santoso, E. B. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopeefood. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8, 145-150.

Amanda, E. A., Pandjaitan, D. R., & Ramelan, M. R. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan GoFood Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandar Lampung. Journal Economy And Currency Study (JECS).

Apipudin, & Santosa, B. (2022). Pengaruh Promosi Online, Harga, Dan Model Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Gofood Di Aplikasi Gojek. PSHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora.

Cahya, A. D., Mahdianto, F. B., Martha, D., & Prasetianto, S. (2021). Analisis Layanan Go-Food dalam Meningkatkan Penjualan pada Kuliner di Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 13, 264-272.

Destamar, D. L., Aryani, L., & Purporini. (2021). Analisis Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Gojek Fitur GoFood. KORELASI, 2, 1744-1758.

Haris, A. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Economics and Digital Business Review, 4, 597-610.

Khoirnnisa, N., & Bestari, D. K. (2022). Pengaruh Harga dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Berulang dengan Perilaku Pembelian Impulsif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna GoFood di Kota Bandung). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan), 5, 3667-3675.

Kurniawati, N., & Yuliati. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan, dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional UNMUS, 3, 1105-1114.

Lianita, A., & Widodasih, R. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Jurnal Manajemen.

Nabilaturrahmah, A., Wiranata, I. A., & Ivona, L. (2021). Pengaruh harga dan promosi GrabFood terhadap keputusan pembelian KFC Grand Wisata di masa pandemi. Jurnal Manajemen, 13, 72-80.

Nurdiansah, A., & Widyastuti. (2022). Pengaruh Price Discount Terhadap Customer Satisfaction dan Repurcase Intention (Studi pada Pengguna Shopee Food). Sibatik Journal, 8.

Pahlevi, R. (2022, June 16). Telknologi & Telekomunikasi. Diambil kembali dari Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-dan-grabfood

Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga, dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). JIMT Journal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 469–478. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., Riskarini, D., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Pancasila, U. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. JIMP, 1(1).

Rahmayanti, P. L., & W., E. N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Online Food Delivery Service di Bali. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7, 125-138.

Sinaga, A. B., & Tambunan, T. S. (2023). Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food di Kota Medan. Jurnal Ekombis, 11, 391-400.

Suratni, N. L., & Mayasari, N. (2021). Pengaruh Promosi Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Grab- Food Pada Aplikasi Grab Di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13, 50-59.

Taris, H. S., & Purwanto, S. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Layanan Go-Food di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Sains, 7, 449-454.

Taufiqurrohman, M. F., Widarko, A., & B., S. M. (2022). Pengaruh Promosi, Rating Produk dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Gofood (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). e-Jurnal Riset Manajemen.

Toruan, J. W., Noer, Z., & Ilvira, R. F. (2023). Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Olahan Buah di Food Delivery E-Commerce Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pesan antar makanan GoFood di Kota Solo. Excellent, 8, 70-78.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan GoFood di Kota Solo. Excellent: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan.

Zaman, V. F., Utami, R. T., Dewanti, Y. R., & Syafrial, H. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Jajanan Kaki Lima di Daerah Tangerang Melalui Pesan Antar Online (GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan TravelokaFood). Jurnal Ilmiah Publika, 11, 373-381.

Published

2024-05-22

How to Cite

Silmi Asy-Syifaa, Maula Diah Liani, Melvin Christian Abimanyu, Elsya Rahmalia Hidayat, Hana Alifah Putri, Nabila Yusuf, & Rama Wijaya Abdul Rozak. (2024). Analisis Promosi pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan terhadap Perilaku Konsumen. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(3), 126–139. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i3.2610