Pengaruh Lifestyle, Fitur, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Xiaomi Di Kota Surakarta

Authors

  • Miftahun Nurzanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo
  • Aditya Liliyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i3.1123

Keywords:

Smartphone, Features, Lifestyle, Brand Image

Abstract

The purpose of the study is to ascertain the relationship between Lifestyle, Features, Brand Image, and Consumer Trust on Xiaomi smartphone purchase decisions in Surakarta City, as well as the impact of each factor on those decisions, respondents 97  make up the research sample as well.

Utilizing the SPSS software, a quantitative research methodology was used. The study's findings show that the Lifestyle variable significantly influences people's decisions to buy Xiaomi smartphones in Surakarta City. In Surakarta City, feature variables significantly influence consumers' decisions to buy Xiaomi smartphones. The company's image in Surakarta City, and Xiaomi Smartphone Purchase Decisions. Between the consumer trust variables, the consumer trust variable has a considerable impact on smartphone purchase decisions in Surakarta City. In Surakarta City, the factors "Lifestyle, Features, Brand Image, and Consumer Trust have a positive simultaneous impact on Xiaomi Smartphone Purchasing Decisions "Proven"

References

ARFAH, YENNI, 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padangsidimuan : PT Inovasi Pratama Internasional.

CEN, N. C. C. 2022. KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA ERBASIS CITRA MEREK DAN PROMOSI . Padangsidimpuan : PT Inovasi Pratama Internasional.

Daud, F. Rosy. 2021. PULIC RELATIONS DAN BRAND IMAGE . Yogyakarta : Bintang Pustaka Madani.

Nugraha, Billy,2022. Pengembangan Uji Statistik. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka.

Permatasari, a. a. ay. ratih, & Yasa, ni nyoman kerti. 2020. kepercayaan konsumen. Boyolali: Anggota IKAPI.

Ah’sani, A. F., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Xiaomi) di Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(2), 222–237.

Alvatwa, N. I., Fadilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Citra Merek, Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 816–825.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179.

armelia Cesariana, Fadlan Juliansyah, R. F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Huda, N. M.,& Kurniati, R. R., Zunaida, D., (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH , DAN FITUR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI | 154. 13(1), 153–162.

KURNIAWAN, R. (2020). ANALISIS CITRA MEREK, KEPERCYAAN KONSUMEN, HRGA, DAN PROMOAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI SURAKARTA ( Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta ).

Liu, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal, 15(1), 1–11.

Putra, I. G. B. S., & Abiyoga, N. L. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 343–351.

Rijal, M. K. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk, brand image, dan persepsi harga terhadap minat beli Produk smartphone xiaomi.

Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.

SETIADI NANANG (2021) Inovasi Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. (mahasiswa Universitas Muhammadiyah surakarta)

Susanti, A., & Saputro, S. M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Konformitas Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Stie Surakarta. Junal Administrasi Bisnis Internasional (JAMBI), 2(01), 1–10.

S, Hutami Permita & Penny Rahmawati, M. S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Xiaomi DIY). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(2), 222–237. https://

Yuniarputri, S. (2020). Pengaruh Fitur dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Oppo. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014, 12–26.

GoodStats. 5 November 2022. Mengulik Perkembngan Pengguna Smartphone Di Indonesia. Diakses Pada 19 Desember 2022, https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA.

akurat.co.03 Januari 2020. 10 Hal Yang Membuat Xiaomi Layak Disebut Brand Smartphone. Diakses pada 23 Maret 2023, https://akurat.co/10-hal-yang-membuat-xiaomi-layak-disebut-brand-smartphone-terbaik

Hypeabis.id. 30 September 2022. Bukan Xiaomi atau Samsung. Ini Penguasa Pasar Smartphone Indonesia Pertengahan 2022. Diakses pada 15 Desember 2022, https://hypeabis.id/read/16975/bukan-xiaomi-atau-samsung-ini-penguasa-pasar-smartphone-indonesia-pertengahan-2022

KOMPAS.com. 21 November 2021.Bos Xiaomi Indonesia Blak-blakan Soal Ponsel Goib Redmi. Diakses pada 1 Desember 2022, https://tekno.kompas.com/read/2019/11/21/19201127/bos-xiaomi-indonesia-blak-blakan-soal-ponsel-gaib-ini-sebabnya?page=all

KOMPAS.com. 2 Maret 2022. 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia 2021, Oppo Teratas. Diakses pada 16 Desember 2022, https://tekno.kompas.com/read/2022/03/23/07050067/idc--5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-2021-oppo-teratas?page=all

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Miftahun Nurzanah, & Aditya Liliyan. (2023). Pengaruh Lifestyle, Fitur, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Xiaomi Di Kota Surakarta. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(3), 197–220. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i3.1123