Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Aero Indonesia

Authors

  • Anita Fatimatuz Zahroh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Maulidyah Amalina Rizqi Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.731

Keywords:

Kepemimpinan, Kompensasi, Disiplin, Kinerja

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor sentral dalam suatu organisasi, yang memiliki peranan penting dalam perusahaan sebagai faktor penggerak, perencanaan dan pengendalian dalam seluruh aktivitas perusahaan. Perlu diperhatikan dan terciptanya kerja yang efektif dan efisien, organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan pada PT. Aero Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 72 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Aero Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode linear berganda. Dari hasil perhitungan menunjukan kepemimpinan (X1), kompensasi (X2), dan disiplin (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja (Y) di PT. Aero Indonesia.

References

Afandi, Pandi, 2018, Concept And Indicator Human Resourcer Management For Management Researth, Cetakan Ke-1, Cv Budi Utama Yogyakarta.

Aryani, M., Subiyanto, E. D., & Septyarini, E. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 8(2), 215-229.

Aziz, A. (2020). Pengaruh Stres Kerja dan Perilaku Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01), 48-52.

Hasibuan S.P Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P., 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan Belas, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kreitner, R. dan Kinicki. (2008), Organizational Behavior. 8th Edition. Boston: McGraw-Hill.

Maramis, E. (2013). Kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada pt. Bank tabungan negara (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Martoyo. Susilo.. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE. Yogyakarta

Musdalifah (2016) “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Catur Putra Harmonis Makassar

Nelizulfa, A. (2018). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Jamu Air Mancur Karanganyar) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press

Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat

Sinambela, Lijan Poltak. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang Siagian, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Susilaningsih, Nur.2008 : 9, Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Pengawasan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonogiri, EXCELENT, vol 1, no 2.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-03-10